Gangguan Penglihatan di Usia Muda

by -677 Views

Gangguan Penglihatan di Usia Muda

Untuk para remaja berusia kisaran 13-17 tahun apakah sudah mengalami gangguan mata yang serius maupun masih ringan? Jika Anda sudah merasakan gejala, maka hal ini tidak bisa disepelekan lagi. Anda harus segera mengetahui gangguan penglihatan di usia muda.

Anda harus mengetahui apa saja penyebab bahkan jenis penyakitnya. Umumnya di usia yang masih sangat muda, akan susah untuk terkena gangguan yang seperti ini. Tetapi, tentunya ada banyak faktor yang membuatnya terjadi.

Penyebab Gangguan Mata

Sebelumnya, hal yang sangat direkomendasikan untuk Anda tahu adalah penyebabnya. Umumnya, penyebab ini adalah hal yang paling sering kita jumpai bahkan lakukan. Maka dari itu A nda harus memahami dan menjauhinya. Berikut adalah daftarnya:

Tidur dengan Keadaan Lampu Hidup

Jangan salah, jika Anda memilih untuk tidur dengan lampu menyala akan ada risiko seperti kepala pusing saat bangun. Karena mata yang seharusnya mendapat istirahat saat Anda tidur malah masih harus menangkap cahaya dari luar.

Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mematikan lampu utama saat tidur. Paling tidak hanya menggunakan lampu tidur yang benar-benar redup dan nyaman. Karena itu akan sangat membantu mata Anda beristirahat.

Terlalu Sering Menggunakan Softlens

Seperti yang kita ketahui, memakai softlens bukan lagi hal yang asing. Bahkan ada sangat banyak jenis dan warna softlens yang beredar di antara masyarakat. Tetapi, apakah Anda tahu apa bahaya yang sangat fatal dari memakai lensa kontak?

Jika saja mata Anda termasuk jenis yang sensitif, maka lensa kontak akan membuatnya memerah dan cepat kering. Apalagi jika Anda tidak rajin membasahinya. Tentu akan terjadi iritasi serius, bahkan ada kejadian yang hampir buta karena lensa kontak.

Maka dari itu, tolong lebih berhati-hati dan tidak memakai secara berlebihan. Mau bagaimanapun, mata adalah bagian yang paling sensitif di antara tubuh. Kita semua harus menjaganya dengan baik.

Menatap Layar Monitor atau HP Terlalu Lama

Untuk yang satu ini, pastinya adalah hal yang sangat banyak bahkan hampir semua melakukannya. Ingat, jika Anda menatap layar yang bercahaya terlalu lama maka mata Anda akan cepat kering. Setelah itu cepat iritasi dan malah kabur penglihatannya.

Maka dari itu, jika bukan hal yang sangat penting cobalah untuk mengurangi kebiasaan melihat ponsel hingga lupa waktu. Jika Anda ingin mencoba langkah yang ringan terlebih dahulu, maka bisa dengan menurunkan kecerahan layar Anda.

Anda juga bisa dengan mengatur warna layar untuk mencegah sinar biru, nanti akan berubah sedikit menguning. Tidak akan mengganggu apapun, hanya akan merubah sedikit warnanya. Itu juga untuk keamanan dan kenyamanan mata Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan timer khusus yang sekarang sudah disediakan di setiap ponsel. Yaitu untuk mengatur seberapa banyak waktu yang sudah Anda buang untuk menggunakan ponsel. Jika sudah lebih dari batas wajar, maka akan diingatkan dengan itu.

Terbiasa Menatap Sebuah Cahaya yang Kuat Secara Langsung

Apakah Anda pernah menatap cahaya yang kuat watt nya secara langsung? Jika iya, maka Anda harus segera meninggalkan kebiasaan atau refleks seperti itu. karena itu hanya akan merugikan dan memperburuk penglihatan Anda.

Sebaliknya, Anda harus terlatih dan membiasakan diri menatap hal yang segar-segar. Seperti pemandangan pohon atau hamparan kebun bunga yang indah. Karena itu akan membantu menetralkan perasaan sekaligus penglihatan Anda.

Kekurangan Waktu Tidur

Bukan hanya berdasarkan sesuatu yang dilihat saja, tetapi kekurangan tidur juga akan sangat mempengaruhi. Jika lampu yang menyala saja sangat berpengaruh, apalagi jika waktu tidur berkurang. Tentunya akan lebih berefek besar.

Mata adalah salah satu organ yang benar-benar sedikit waktu istirahatnya jika dibandingkan dengan anggota lainnya. Jika Anda membuang-buang waktu istirahat atau waktu tidur, maka kapan lagi mata Anda bisa beristirahat dari kerja kerasnya?

Mata akan terus beroperasi dan akhirnya kelelahan an menjadi buram. Cepat keringnya mata juga menjadi faktor kaburnya penglihatan. Anda harus berhati-hati dan pandai me-manage waktu dengan baik.

Tidak Menggunakan Kacamata Radiasi

Sebenarnya faktor yang ini bukanlah hal yang sangat wajib, tetapi cukup dianjurkan untuk memakai kacamata radiasi. Kacamata yang ini bukanlah kacamata resep dengan ukuran khusus. Melainkan sebuah antisipasi agar mata tidak terkena radiasi dari layar.

Tidak ada salahnya bukan untuk menjaga mata agar tidak terkena penyakit yang mengerikan. Karena hanya sedikit orang yang berhasil sembuh dari gangguan mata. Selebihnya hanya bisa menggantungkan kacamata atau memakai lensa kontak di matanya.

Ingatlah bahwa mencegah akan lebih baik daripada harus kerepotan mengobatinya. Memakai kacamata yang satu ini cukup dianjurkan loh.

Keseringan Menggaruk Mata

Jika Anda merasakan gatal di daerah mata maka garuklah dengan pelan atau menggunakan tisu. Karena menguceknya secara brutal hanya akan menyebabkan mata memerah. Ujung-ujungnya akan iritasi. Sebaik mungkin untuk menghindari kebiasaan ini.

Anda bisa menggunakan air juga untuk menetralkan atau membantu melicinkan tangan Anda jika terasa gatal pada mata. Jika tidak, mata Anda akan semakin kesakitan. Walaupun jika saja rasa setelahnya akan lega, tetapi tetap saja harus Anda kurangi kebiasaan ini.

Mata adalah bagian yang sangat penting di tubuh Anda, maka dari itu tolong jaga itu sebaik mungkin. Demi diri Anda sendiri dan juga orang tersayang. Anda bisa memulainya dengan mencegah menatap layar terlalu lama dalam sehari. Hindari gangguan penglihatan di usia muda.

Atau juga dengan menggunakan kacamata radiasi yang cukup dianjurkan. Yang terpenting adalah menjaga mata yang sangat berharga itu.

Menghindari gangguan penglihatan di usia muda adalah hal yang harus dilakukan untuk menghindari operasi katarak. Tentunya sebagai generasi muda, mata akan menjadi aset yang sangat diperlukan. Mulailah untuk peduli tentang hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *