Kelebihan dan Kekurangan Starlink

by -76 Views
Kelebihan Starlink
Kelebihan Starlink (Sumber Foto: www.starlink.com)

Starlink, satelit internet milik SpaceX perusahaan Elon Musk, menjadi perbincangan hangat. Dengan jaringannya yang luas, Starlink menawarkan akses internet ke daerah-daerah terpencil sekalipun. Namun, layanan ini juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Yuk simak kelebihan dan kekurangan Starlink berikut ini:

Kelebihan Starlink

  • Menjangkau Pelosok Negeri: Starlink dirancang untuk menghadirkan internet ke daerah terpencil yang tak terjangkau infrastruktur internet kabel atau nirkabel. Dengan ini, wilayah yang sebelumnya tak tersentuh internet kini bisa ikut merasakan manfaatnya.
  • Cepat dan Stabil: Starlink menawarkan kecepatan internet yang tinggi dengan latensi (kelambatan) yang rendah. Kinerja ini menjadikan Starlink ideal untuk aktivitas streaming, konferensi video, dan transfer data besar. Terlebih lagi, beberapa pengguna melaporkan kecepatan Starlink melebihi yang dipertahankan. 
  • Starlink menawarkan kecepatan unduh hingga 220 Mbps dan kecepatan unggah hingga 20 Mbps, jauh lebih cepat dibandingkan internet satelit tradisional.
  • Minim Hambatan Cuaca: Tidak seperti satelit internet lain yang mempengaruhi cuaca buruk, Starlink diklaim tetap stabil meski hujan atau berangin. Gangguan mungkin terjadi namun biasanya penurunan kualitasnya minimal.
  • Tanpa Batas Kuota: Berbeda dengan layanan internet pada umumnya yang memiliki batasan kuota, Starlink menawarkan internet “sepuasnya” tanpa perlu khawatir kehabisan data. Bagi pengguna internet berat, ini tentu menjadi nilai tambah.

Kekurangan Starlink

  • Biaya Mahal: Perangkat keras dan biaya berlangganan Starlink tergolong mahal. Dibandingkan dengan layanan internet lokal yang menawarkan kecepatan setara, Starlink belum bisa bersaing dari segi harga.
  • Tergantung Satelit: Kinerja Starlink bergantung pada posisi dan komunikasi dengan satelitnya di luar angkasa. Hal ini bisa menjadi kekurangan jika terjadi gangguan pada jaringan satelit Starlink.
  • Memperhatikan Medan: Agar berfungsi optimal, terminal Starlink harus dipasang di lokasi terbuka tanpa halangan seperti pohon atau gedung tinggi. Pemasangan di daerah perkotaan yang padat bisa jadi menyulitkan.
  • Dampak Astronomi: Banyaknya satelit Starlink yang mengorbit bumi mengganggu mengganggu pengamatan astronomi. Para astronom khawatir cahaya dari satelit Starlink akan menyulitkan mereka mengamati benda-benda langit yang redup.

Starlink adalah terobosan internet yang menjanjikan, khususnya untuk daerah terpencil. Namun, biaya dan beberapa kekurangan lainnya perlu mempertimbangkan sebelum memutuskan berlangganan. Di depannya, perlu dilihat bagaimana Starlink mengatasi kekurangannya dan apakah harganya bisa lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *