UGM Terbaik, Ini Peringkat 6 Universitas di Yogyakarta Menurut Webometrics

by -154 Views

Memilih tempat kuliah memang perlu kehati-hatian. Selain mempertimbangkan kualitas lulusan, calon mahasiswa juga perlu mempertimbangkan biaya perkuliahan di universitas tersebut. Biaya kuliah tiap-tiap universitas bervariasi dari satu ke universitas yang lain. Bahkan beda jurusan pun, biaya kuliah bisa beda meski masih ada dalam 1 Universitas.

ugm terbaik, ini peringkat 6 universitas di yogyakarta webometrik foto
UGM terbaik, ini peringkat 6 universitas di Yogyakarta webometrics foto

Selain masalah biaya, kualitas sebuah universitas juga harus jadi pertimbangan utama. Kualitas sebuah universitas ini sangat berkaitan dengan mudah atau tidaknya lulusan mendapatkan lapangan kerja setelah lulus nanti. Di dunia pendidikan, ada webometric yang menjadi tolak ukur kualitas sebuah universitas. Apa webometric ini dan universitas mana yang terbaik di Yogyakarta berdasarkan situs ini?

Apa Itu Webometrics?

Webometrics, lembaga yang menyediakan perangkingan perguruan tinggi seluruh dunia. Mereka melakukan pemeringkatan perguruan tinggi ini berdasarkan 4 kriteria yaitu: rangking dunia, impact rank, openness rank dan excellence rank.

2 Universitas Terbaik di Yogyakarta Menurut Webometrik

Berdasarkan kriteria yang dibuat oleh webometrik, ada 2 universitas di Yogyakarta yang masuk ke dalam 20 besar universitas dengan peringkat paling tinggi. Universitas yang peringkat web matriksnya paling tinggi di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia menurut webometric, UGM menempati posisi ke dua. Skor dari Universitas yang berlokasi di Jl Kaliurang ini adalah sebagai berikut: Ranking dunia: 667, Impact rank: 387, Openness rank: 714, Excellence Rank: 1301.

Peringkat dua Universitas terbaik di Yogyakarta menurut webometric adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas yang dari segi biaya bisa dikategorikan Universitas elit ini juga masuk ke dalam 20 besar universitas terbaik di Indonesia menurut webometrics. Skor yang di dapat UMY ini adalah sebagai berikut: Ranking dunia: 1873, Impact rank: 1360, Openness rank: 1689, Excellence Rank: 3117.

Peringkat Universitas Lain di Yogyakarta Menurut Webometric

UGM dan UMY berhasil masuk 20 besar Universitas dengan peringkat webometrics paling tinggi di Indonesia. Lalu Universitas Universitas lain di Jogja peringkatnya ada dimana saja ya? Berikut ini beberapa diantaranya. Universitas islam indonesia (UII), menempati peringkat 22 dari seluruh universitas di Indonesia.

Sementara itu, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ada di peringkat 23. Berikutnya ada Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang menempati peringkat ke 26. Sementara itu Universitas Ahmad Dahlan, menempati peringkat ke 28 dari seluruh Universitas di Indonesia. Universitas Sanata Dharma dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta masing masing menempati peringkat ke 50 dan 89. Untuk Universitas universitas lain, bisa kamu cek di situs Webometrik sendiri ya.

Kampus tempat kamu belajar ada di urutan nomor berapa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *