5 Rekomendasi Kuliner Sahur di Jogja

by -125 Views
kuliner sahur jogja sego koyor bu parman
kuliner sahur jogja sego koyor bu parman

Kuliner Sahur Jogja mana saja ya? Mencari menu berbuka puasa tentu pilihannya masih banyak. Namun mencari menu sahur, tentu butuh seni tersendiri. Alasannya, waktu sahur itu cukup pendek. Disamping itu, agak susah juga kan keluyuran dini hari jam 3 pagi sekedar untuk mencari menu makan sahur

Jogja ternyata punya banyak kuliner sahur yang unik unik lho. Mulai dari Tiwul hingga Tengkleng Gajah, semuanya bisa kamu nikmati bahkan ketika matahari belum terbit. Apa saja kuliner sahur yang wajib kita coba? Berikut ini 5 rekomendasinya.

Rekomendasi Kuliner Sahur Jogja, Tiwul Kang Eko Jogja

Tiwul untuk menu sahur puasa Ramadhan? Kamu pasti penasaran kan bagaimana rasanya. Bukan hanya camilan, ternyata Tiwul ini juga bisa mengenyangkan lho. Makanan yang diolah dari singkong ini ternyata enak juga untuk dimakan di waktu sahur. Tentu saja bukan Tiwul sembarangan.

Tiwul yang banyak dicari oleh orang Jogja sebagai kuliner sahur salah satunya adalah Tiwul dan Gatot Kang Eko. Tempat berburu kuliner sahur yang satu ini ada di Jl. Jambon, Rogoyudan, Kricak, Mlati, Kota Jogja. Bukan Tiwul biasa, kamu bisa merasakan Tiwul kekinian dengan aneka toping seperti gula pasir, cokelat, keju, gula jawa hingga Tiwul Tawar. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, harga Tiwul di tempat ini antara Rp 10 rb hingga Rp 15 ribu saja. Meskipun beli siang atau sore, kamu timwulnya tahan 24 jam kok disuhu ruangan.

Kuliner Sahur Jogja, Soto Sampah

Soto Sampah berada di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Meskipun namanya Soto Sampah yang kamu makan adalah Soto beneran dengan rasa nikmat kok. Dinamai soto Sampah karena tampak berantakan. Penyebabnya karena banyak rempah dan gajih sapi yang tersaji di dalam soto.
Menu yang tersedia di Soto Sampah ini antara lain: soto biasa, soto koyor (otot sapi), soto ayam dan soto daging. Buka dari jam 7 malam sampai jam 3 pagi, kita bisa leluasa mau jam berapa sahur dimulai.

Kuliner Sahur Jogja, Gudeg Permata

Berlokasi di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Tempat berburu kuliner Sahur, Gudeg yang satu ini sudah jadi legenda di Jogja. Berdiri sejak tahun 1961, cita rasa Gudegnya tidak perlu diragukan lagi. Yang bakal membuatmu ketagihan untuk makan sahur disini adalah Gudeg Basah. Untuk lauknya kamu bisa memilih ayam bagian paha, sayap atau telur dan tahu.

Nasi Pojok Teri Gejayan

Berlokasi di Jl Gejayan no. 5 Klitren, Nasi Pojok Teri merupakan salah satu kuliner legend yang ada di Jogja. Buka mulai jam 5 hingga jam 3 dini hari, tempat ini cocok banget untuk dipakai sahur. Meskipun kuliner yang disajikan cuma Nasi Teri sederhana, tapi rasanya bakal membuatmu ketagihan. Tidak heran, pengunjungnya selalu ramai baik dari kalangan mahasiswa atau para pemburu kuliner lain.

Makan disini, kamu akan menikmati nasi putih dengan toping Teri Medan yang digoreng kering. Ada juga telur dadar yang rasanya lembut banget. Menu nasi telur dan teri tersebut bakal terasa lebih nikmat jika ditambah dengan sambal. Varian sambalnya ada dua yaitu sambal pedas dan sambal biasa.

Sego Koyor Bu Parman

Mau sahur dengan menu daging tapi harganya murah? Kamu bisa mencoba Sego Koyor Bu Parman ini. Berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No 111, Prawirodirjan, kamu bisa menikmati aneka sajian nasi putih yang disiram dengan kuah gulai dan ada daging jeroan sapinya. Satu porsi sego koyor harganya cukup terjangkau yaitu Rp 10 ribu saja. Jika kurang kenyang, kamu bisa nambah aneka gorengan sebagai lauk.

Sego Macan UGM

Menu sahur yang satu ini juga cocok untuk kamu yang lagi pengen berhemat. Perporsinya cuma Rp 8000 saja. Sego Macan ini merupakan Nasi Bakar yang diberi dengan lauk sambal pedas. Sego Macan, berlokasi di Jalan Selokan Mataram, Karanggayam, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Untuk lauk pauknya, kamu mungkin teringat dengan nasi kucing. Namun porsi sego Macan ini jauh lebih besar. Karena dibungkus dengan daun pisang dan dimasak, aroma wanginya bakal makin terasa. Sekali mencoba, pokoknya kamu bakal ketagihan. Sudah berdiri sejak tahun 2007, rasanya pasti tidak mengecewakan.

Itulah 6 rekomendasi kuliner sahur yang bisa didapatkan di Jogja. Biar lancar sahurnya, maka waktunya jangan mepet ya. Selain itu kamu juga harus ada gambaran dulu lokasi tepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *