Daftar 5 Kota Yang Ada Demo Buruhnya Tanggal 1 Mei, Jogja Termasuk!

by -322 Views

Seperti sudah menjadi kebiasaan ya tiap tanggal 1 Mei, pasti beberapa serikat pekerja mengadakan demo. Demo ini tentu saja tujuannya untuk memperingati hari buruh atau May day. Selain memperingati hari buruh, mereka melakukan demo untuk menyampaikan beberapa tuntutan.

demo buruh mayday 1 Mei foto
demo buruh mayday 1 Mei foto

Hari buruh yang bertepatan dengan Tanggal 1 Mei 2024, besok pun diperkirakan akan terjadi demo buruh. Di Jakarta, serikat buruh berencana mengumpulkan 50 ribu orang lebih untuk mengepung istana negara. Mereka akan mengajukan tuntutan untuk mencabut undang undang cipta kerja. Selain Jakarta, berikut ini kota-kota lain yang akan ada demo buruh bertepatan dengan Mayday 1 Mei 2024 besok.

Rencana Demo Buruh di Kota Jakarta.

Rencana demo buruh yang akan digelar di Jakarta ini bisa jadi merupakan rencana demo May day terbesar dibandingkan kota kota lain di Indonesia. Tak kurang dari 50 ribu orang direncanakan akan bergabung dalam aksi ini.
Mereka akan berkumpul dan mengepung istana negara. Di dalam aksi demo tersebut para buruh akan menyuarakan 2 tuntukan. Tuntutan pertama adalah dicabutnya Undang undan cipta kerja atau Omnibus law. Tuntutan yang kedua, dihapuskannya sistem outsourcing. Semoga aksi 50 ribu buruh di dekat istana negara ini berlangsung dengan aman ya.

Demo Buruh di Semarang

Semarang menjadi kota berikutnya di Indonesia yang bakal jadi lokasi aksi demo buruh pada peringatan May day 1 Mei 2024. Demo buruh di Semarang akan dipusatkan di gedung DPRD dan kantor Gubernur. Selain itu para buruh juga akan memusatkan aksi mereka ke kantor Apindo.

Aksi demo buruh di Semarang ini akan menyuarakan beberapa tuntutan. Tuntutan pertama adalah dihapuskannya undang-undang cipta kerja atau Omnibus Law. Buruh juga mengajukan tuntutan untuk menghapuskan sistem kerja outsourcing serta pemberian upah yang rendah.

Demo Buruh Di Jogja.

Jogja juga menjadi tempat dimana serikat pekerja mengadakan demo buruh. Demo May day di Jogja ini akan digelar di tugu pal putih. Demo buruh di kota Jogja ini rencananya bakal dihadiri oleh 300 buruh. Tuntutan utama demo buruh di kota jogja ini adalah penghapusan undang undang cipta kerja. Selain itu mereka juga menuntut untuk disahkannya undang-undang perlindungan pekerja rumah tangga

Tuntutan para buruh juga menyuarakan agar disediakan transportasi umum yang kayak serta terjangkau bagi para buruh. Seperti yang kita ketahui saat ini, di Jogja memang sudah ada trans jogja tapi rutenya kemungkinan belum menjangkau pabrik pabrik tempat para buruh bekerja.

Demo buruh di Jawa Timur

Demo buruh yang akan digelar di Jawa Timur cukup terorganisasi. Mereka sudah berkoordinasi dengan kepolisian dari level Polsek sampai polda. Demo buruh di Jatim tersebut akan digelar oleh perwakilan dari 28 serikat pekerja yang ada. Semoga saja demo buruh di jatim berlangsung dengan aman dan sesuai SOP ya.

Selain di kota kota diatas, demo buruh pada tanggal 1 Mei 2024 juga akan digelar di kalimantan Timur dan sumatera Utara. Tuntutan para buruh di demo kali ini hampir sama, yaitu penghapusan Omnibus law. Penghapusan sistem Outsourcing. Serta tuntutan untuk menerapkan Upah Minimum Kabupaten secara fair. Alasannya, masih banyak pekerja yang menerima upah di bawah UMK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *