Jakarta Dikepung Banjir, 26 Ruas Jalan Tergenang Seusai Diguyur Hujan

by -511 Views
banjir jakarta
banjir jakarta

Usai diguyur hujan, tidak kurang dari 26 ruas jalan di Jakarta tergenang banjir. Ruas jalan yang terendam air tersebut tersebar dari Jakarta Barat sampai Jakarta Utara. Hingga pukul 09.00 pagi hari, genangan air belum juga surut.

Fakta tersebut diungkapkan oleh kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)DKI Jakarta isnawa Adji. Menurutnya lagi, genangan air di 26 ruas jalan di jakarta tersebut akan terus dipantau. Selain itu akan dikerahkan juga personel gabungan dari dinas SDA, Dinas Bina Marga dan Dinas Gulkarmat untuk melakukan pemompaan pada genangan.

Tinggi Genangan Air Di Banjir Jakarta Antara 15cm  Hingga 120 Cm 

Ketinggian genangan air dari banjir yang mengepung jakarta ini bervariasi antara 15 hingga 120 cm. Banjir paling dalam terjadi di Rawa Terate, Jakarta Timur. Banjir yang ketinggian genangan airnya diatas 40 cm ini tentu saja membuat repot warga Jakarta. Ketinggian air yang hingga 50 cm ini terpantau sampai jam 9 pagi. Akibatnya di beberapa ruas jalan, kendaraan yang lewat dialihkan ke ruas jalan lain yang bebas genangan. 

Pemkot Jakut Kerahkan Pompa Mobile Untuk Mengurangi Genangan.

Untuk mengurangi ketinggian genangan air, di ruas ruas jalan, pemerintah kota Jakarta Utara mengoperasikan pompa bergerak (mobile). Pompa mobile yang dioperasikan oleh pemkot Jakarta Utara ini adalah 100 liter per detik. 

Banjir yang terjadi di Jakarta tersebut menyebabkan kemacetan di berbagai ruas jalan. Salah satunya terjadi di ruas jalan Boulevard Raya Kelapa Gading. Genangan di ruas jalan ini berlangsung dari dini hari sampai jam 13.00 kamis siang.

Satu RT di Cakung Tergenang Hingga 120 cm.

Paling paling parah di Jakarta terjadi di Rawa Terate Cakung Jakarta Timur. Satu RT di Rawa Terate ini tergenang air setinggi 120 cm. Ini sesuai dengan data yang disampaikan oleh kepala pelaksana BPBD Asnawi Adji. Selain di kawasan Cakung Jakarta Timur, 7 RT lain di Jakarta Barat juga terendam air setinggi 30 sampai 40 cm.

Antisipasi banjir makin parah, BPBD siagakan perahu karet Untuk mengantisipasi banjir yang makin parah, pihak BPBD pun berkoordinasi dengan Ditpolairud untuk menyiagakan perahu karet dan personil. Meski begitu belum ada warga yang perlu dievaluasi pakai perahu karet. 

Di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, perahu perahu juga dipakai untuk membantu warga yang mau berangkat kerja.  Perahu rakitan yang dipakai oleh warga yang mau menuju kantor untuk bekerja tersebut disediakan oleh petugas UPK badan air. Banjir di wilayah cempaka putih sendiri disebabkan oleh luapan air sungai utan kayu. Rata rata ketinggian genangan air setinggi 50 cm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *