Mie Nyemek Khas Jogja Paling Terkenal?, Ini 5 Rekomendasinya!

by -149 Views

Salah satu hidangan yang sangat terkenal di Jogja adalah mie nyemek, hidangan mie khas Indonesia yang disajikan dengan kuah yang gurih dan berbagai tambahan bahan lainnya. Sedikit berbeda dengan bakmi Jawa atau mie godok yang kuahnya banyak, mie nyemek ini cocok untuk kamu yang tidak suka kebanyakan kuah.

Mie Nyemek Khas Jogja Terkenal Bu Iyah Beringharjo
Mie Nyemek Khas Jogja Terkenal Bu Iyah Beringharjo Sumber Foto Insagram (@fenysyrr)

Mie nyemek adalah hidangan mie instan yang disajikan dengan kuah yang kental dan biasanya dicampur dengan berbagai tambahan seperti telur, sayuran, daging, atau seafood. Istilah “nyemek” berasal dari bahasa Jawa yang berarti direbus atau dimasak dengan cara merebus dalam waktu yang cukup lama hingga bumbu dan citarasa dari bahan-bahannya terserap dengan baik ke dalam mie sehingga kuahnya lebih sedikit.

Hidangan ini populer di berbagai daerah di Indonesia dan sering dinikmati pada malam hari. Jika kamu berada di Jogja dan ingin mencoba mie nyemek yang enak, berikut adalah 5 tempat yang harus kamu kunjungi.

5 Tempat Makan Mie Nyemek Khas Jogja Terkenal

1. Mie Nyemek Bu Siti

Mie Nyemek Bu Siti mulai buka pada puku 18.00 dan baru tutup pada 02.00 dini hari. Tempat favorit di Jogja untuk menikmati mie nyemek yang autentik. sudah direview oeh seribuan pengunjung lebih, tempat makan mie nyemek yang satu ini memperoleh rating 3.9. Yang membuat tempat makan ini ramai adalah lokasinya yang ada di pinggir jalan.

Yang suka keluar malam hari untuk mencari suasana segar, cocoknya memang mampir ke Mie Nyemek Bu Siti ini. jika kamu pengen coba bagaimana rasa mie nyemek paling terkenal di Jogja ini, alamatnya ada di bawah ini.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.39, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

2. Mie Nyemek Bu Iyah

Mie Nyemek Bu Iyah, leteknya ada di Pasar Beringharjo. Warung mie nyemek yang populer di kalangan pecinta mie di Jogja. Tempat ini menyajikan mie nyemek dengan kuah yang kaya rasa dan berbagai tambahan topping yang beragam. Jika kamu pengen makan Mie Nyemek Siang hari, tempat ini lah yang cocok. Buka mulai jam 10 pagi hingga jam 4 sore, kamu bisa mampir kesini ketika jalan jalan di malioboro. Penasaran bagaimana rasa Mie Nyemek Bu Iyah ini? silahkan datang ke Alamat: Ps. Beringharjo, Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

3. Mie Nyemek Rawit

Untuk kamu penyuka makanan-makanan pedas, maka Mie Nyemek yang satu ini rekomended. Rasa pedas Mie Nyemeknya nendang banget plus harga terjangkau. Tidak heran, banyak pelanggan yang bolak balik datang ke warung mie nyemek yang ada di sekitar jalan sultan agung ini.  Buka malam hari, silahkan datang dan buktikan sendiri ya kuah pedas dari mie nyemek Rawit ini.

Alamat: Jl. Gajah Mada No.4 Lt. II, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

4. Mie Nyemek Bu Tutik

Tempat yang cocok untuk menikmati mie nyemek dengan porsi yang cukup besar dan harga yang terjangkau.
Alamat: Jl. Lembu Andini No.32, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55253

5. Mie Nyemek Mas Brew

Salah satu warung mie nyemek yang ramai dikunjungi. Di sini kamu bisa mencoba banyak pilihan rasa.
Alamat: Jl. Rajawali No.8, Pringgolayan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Itulah lima tempat makan mie nyemek di Jogja yang harus kamu coba saat berkunjung ke kota pelajar ini.

Perbedaan Bakmi Jawa dan Mie Nyemek Jogja

Perbedaan utama bakmi godog dan bakmi nyemek yakni pada kuahnya. Umumnya, bakmi rebus memiliki kuah yang cukup banyak, sedangkan bakmi nyemek hanya sedikit. Bahkan bakmi nyemek dapat dikatakan sebagai ‘tengah-tengah’ antara bakmi rebus dan bakmi goreng. “Kuahnya bakmi nyemek itu sedikit, enggak banyak gitu, mbak,” jelas Ahmad Riyanto, karyawan warung Bakmi Jawa Mbah Parto kepada

Soal bumbu, sebenarnya antara mie nyemek dan mie godok atau bakmie jawaitu sama saja. yang membedakan kemungkinan sekedar takaran bumbunya saja. karena mie nyemek memakai kuah yang sedikit, takaran bumbunya juga lebih sedikit dari mie godok. ada juga beberapa penjual yang menambahkan kecap ketika menghidangkan mie nyemek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *