3 Doa Memasuki Bulan Ramadhan

by -505 Views
Doa Memasuki Bulan Ramadhan (Sumber Gambar: Hasil Generate AI)

Doa memasuki bulan Ramadhan, apa saja ya? Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Sebagai umat islam tentu kita bahagia dengan kehadiran bulan penuh berkah yang makin dekat ini. Alasannya, banyak ibadah yang bisa kita lakukan selama bulan suci tersebut. Di samping itu pahala amalan yang kita lakukan dilipatgandakan.

Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan doa khusus memasuki bulan Ramadhan. Namun ulama-ulama sesudah zaman Nabi Muhammad membaca doa-doa tertentu menjelang dan memasuki bulan Ramadhan. Doa doa mereka panjatkan sebagai wujud ungkapan gembira menyambut datang nya bulan Ramadhan.

Mengikuti kebiasaan para ulama sesudah zaman Nabi dan sahabat tersebut, banyak ulama muslim jaman sekarang juga menganjurkan supaya kita membaca doa-doa yang sama seperti yang dibaca ulama ulama zaman dahulu ketika memasuki bulan Ramadhan. Apa saja doa-doa yang dianjurkan oleh para ulama memasuki bulan Ramadhan tersebut? Berikut ini 3 diantaranya.

Doa yang Dipanjatkan Para Ulama 6 Bulan Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan

Disebabkan karena begitu gembiranya umat Islam menyambut datangnya bulan Ramadhan, sejak 6 bulan sebelum Ramadhan datang, para ulama memanjatkan doa supaya mereka dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Selain itu mereka juga memohon kepada Allah SWT agar amal amal yang dikerjakan di bulan Ramadhan diterima. Begini bacaan dari doa yang dibaca para ulama sejak 6 bulan menjelang Ramadhan tersebut.

Doa Memasuki Bulan Ramadhan, Doa Supaya Dipertemukan Dengan Bulan Ramadhan

Untuk doa yang dipanjatkan oleh para ulama 6 bulan menjelang Ramadhan tiba ini, versinya ada bermacam-macam. Namun intinya hampir sama yaitu memohon supaya dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan yang akan datang.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Ketika Masih Rajab dan Sya’ban

Ketika bulan Rajab tiba, ada doa khusus yang dianjurkan para ulama untuk dipanjatkan dalam rangka menyambut hadirnya bulan Ramadhan. Bacaan memasuki bulan Ramadhan yang dipanjatkan mulai bulan rajab ini didasarkan pada sebuah hadits. Seperti inilah bacaan hadits beserta doa yang bisa dipanjatkan untuk menyambut bulan Ramadhan tersebut.

hadits riwayat doa menjelang ramadhan di bulan rajab san syaban

Meskipun sebagian ulama menganggap hadits ini Dhoif, tapi kita tetap boleh mengamalkannya asalkan kita tidak beranggapan bahwa anjuran tersebut benar benar berasal dari perkataan Rasulullah.

Doa Melihat Hilal Tanda Masuknya Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan dimulai ketika Hilal sudah terlihat. Untuk umat muslim yang melihat Hilal penanda masuknya bulan Ramadhan, ada doa yang bisa dipanjatkan. Doa melihat Hilal tersebut berisi permohonan supaya hilal yang kita lihat membawa keamanan, keamanan, keselamatan dan Islam. Begini bacaan doa ketika kita melihat Hilal yang jadi pertanda masuknya bulan Ramadhan tersebut.

doa melihat hilal..
Doa Melihat Hilal

Perlu diperhatikan, Doa di atas khusus untuk yang melihat Hilal saja ya. Kita kita tidak melihat Hilal dengan mata kepala sendiri tidak disyaratkan untuk membaca doa ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *