5 Rekomendasi Kuliner Dekat Keraton Jogja

by -97 Views
kuliner dekat keraton jogja Bale raos menu
kuliner dekat keraton jogja Bale raos menu

Kuliner dekat Keraton Jogja, apa saja ya? Berwisata ke kota Gudeg, rasanya tidak sah jika belum mengunjungi Keraton Jogja. Alasannya keberadaan Keraton Jogja inilah salah satu penyebab Jogja itu istimewa. Keraton Jogja juga menjadi pusat berbagai tempat wisata yang kental dengan budaya Jawa. Disekitar tempat tinggal raja jogja ini ada Tamansari, Alun-alun Selatan, Museum Kereta, Malioboro dan masih banyak lagi.

Kuliner dekat Keraton Jogja juga banyak pilihan yang bisa kita coba. Jika kamu sedang berencana untuk mengunjungi Keraton Jogja dan sekalian mau menikmati wisata kulinernya, berikut ini kami sajikan rekomendasinya.

Kuliner Dekat Keraton Jogja, Bale Raos – The Sultan’s Dishes

Restoran yang satu ini berlokasi di Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Disebut shultan Dhises karena keluarga raja sering makan ditempat ini. Bale Raos buka mulai pukul 16.00 sore hingga 22.00 malam. Sejarah berdirinya Bale Raos ini cukup nik. Digagas oleh GKR Ratu Hemas, tujuan dibuatnya Bale Resto ini untuk melestarikan kuliner yang biasa disantap Raja-raja di Keraton Yogyakarta.

Apa saja menu kuliner yang tersedia di Bale Raos ini? Kamu bisa mengintip sendiri aneka santapan mewah Raja-raja Jogja di situs resmi Bale Raos ini. Beberapa diantaranya merupakan kuliner asli kerton jogja. Salah satu contoh yang kuliner yang bisa kamu pesan di Bale Raos antara lain adalah Lombok Kethok. Dengan harga Rp 45 rb, kamu bisa menikmati daging sapi yang disemur dan disertai potongan cabe. Makanan ini merupakan favorit Hamengku Buwono ke IX

Warung Brongkos Handayani

Kalau kamu menyukai Brongkos, maka kuliner dekat Keraton yang satu ini cocok untukmu. Lokasinya ada di Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Di warung makan ini kamu bisa menikmati nasi brongkos dengan aneka variasi lauk, nasi rames, nasi empal, pecel ayam, pecel daging dan masih banyak lagi.

Harga makanan yang ada di warung Brongkos Handayani ini mulai dari Rp 17 ribu sampai Rp 41 ribuan. Buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore, kamu punya banyak waktu untuk datang ke tempat ini. Mendapatkan rating bagus di google map, serta sering di review oleh para Food Blogger, sudah pasti enak makanan di tempat ini.

Kuliner Dekat Keraton Jogja, Pendopo Ndalem Pakuningratan

Pendopo Ndalem Pakuningratan lokasinya ada di dekat Kraton juga. Di tempat makan yang satu ini tersedia bakmi jawa serta aneka kuliner khas angkringan. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai macam teh yang racikannya sesuai selera kamu. Minuman-minuman khas jawa lain juga tersedia disini lho.

Makanan yang direkomendasikan di tempat ini antara lain: Bakmi Goreng dan Godog, Nasi Goreng dan Godog, kwetiau dan magelangan. Jika kamu penggemar minuman Jawa, maka wedang gajah, laser jawa, teh rempah serta kunir asem bisa kamu coba disini. Memiliki tempat yang luas, angkringan dekat kraton ini cocok untuk kamu pakai nongkrong bareng temanmu.

Soto Keraton Alun-Alun Lor Yogyakarta

Kuliner dekat Keraton ada juga yang konsepnya seperti Kaki Lima. Salah satunya ya soto keraton Alun-alun Lor Yogyakarta ini. Berlokasi di Jl. Alun-alun utara, Prawirodirjan, kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Menu makanan yang tersedia di soto keraton ini cukup bervariasi. Ada aneka soto, camilan, burger serta aneka olahan daging.

Untuk harga makanannya sendiri cukup terjangkau. Soto sapi misalnya, kamu cukup membayar 15 ribu untuk menikmatinya. Selain makanan ada juga aneka minuman yang harganya bervariasi Rp 5000 sampai Rp 8000. Buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam, tentu banyak pilihan waktu untuk mendatangi angkringan soto Keraton ini.

Special Bakmi & Nasi Goreng Pak Pele

Jika kamu sedang berwisata di Alun-alun kidul kemudian lapar pengen makan, maka kuliner Special Bakmi dan Nasi goreng Pak Pele ini cocok untuk kamu coba. Beralamat di Jl. Pojok Tenggara Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Menu yang bisa kamu nikmati disini antara lain: nasi goreng, Bakmi goreng, bakmi godog, magelangan, rica-rica serta aneka minuman panas dan dingin. Buka dari jam 5 sore sampai jam 11 malam, cocoknya kuliner dekat keraton yang satu ini memang untuk makan malam. Yang disukai dari pengunjung disini adalah penyajiannya yang relatif cepat. Meski ramai pengunjung, makanan biasanya siap dalam 15 menit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *