Indah Tapi Angker, Ini 6 Tempat Wisata Jogja yang Bernuansa Mistis

by -180 Views

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga kaya akan tempat wisata unik. Bahkan beberapa tempat wisata Jogja kental dengan nuansa mistis. Salah Satu penyebabnya karena Jogja punya Keraton yang dipercaya terhubung dengan keberadaan Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan.

Tempat wisata mistis jogja, kandang menjangan krapyak
Tempat wisata mistis jogja, kandang menjangan krapyak (Sumber Foto: Instagram @Birotapemsetdadiy)

Selain tempat wisata mistis yang berkaitan dengan Keraton dan Ratu Pantai Selatan, masih banyak juga ternyata tempat wisata mistis di Jogja yang membuat banyak orang penasaran. Apa saja wisata mistis yang ada di Jogja tersebut dan cerita apa yang tersimpan didalamnya? Berikut ini info lengkap nya.

6 Tempat Wisata Mistis di Jogja

penasaran dengan tempat-tempat wisata di Jogja yang punya aura mistis? ini dia 6 diantaranya:

Tempat Wisata Mistis Di Jogja, Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg ini lokasinya tepat di Nol kilometer Jogja. Meski berada di keramaian, bukan berarti lokasi wisata Jogja ini bebas dari aura mistis lho. Seperti namanya, Benteng Vredeburg dulunya merupakan bekas benteng pertahanan tentara Belanda.

Yang membuat Benteng ini terkesan mistis adalah cerita-cerita horor yang pernah dialami beberapa pengunjung. Di tempat wisata Benteng Vredeburg, seringkali, pengunjung diperlihatkan dengan penampakan Noni-noni Belanda. Wajahnya cantik, tapi kakinya seperti kuda. Tak hanya itu, ada juga penampakan sekompi pasukan Belanda namun tanpa kepala. Selain pengunjung, abang-abang tukang becak yang mangkal di sana sering juga melihat penampakan ini.

Pantai Parangkusumo

Wisata pantai menjadi salah satu daya tarik kota Jogja. Deretan Pantai Selatan memanjang dari timur ke barat. Ada pantai Parangtritis dan satu lagi pantai yang punya nuansa mistis. Pantai tersebut adalah Pantai Parangkusumo. Menurut keyakinan orang Jogja, Pantai Parangkusumo adalah gerbang masuk menuju Istana Ratu Kidul. Ini pulalah yang diduga menjadi penyebab, seringnya orang tenggelam di Pantai Selatan.

Banyak yang meyakini bahwa tiap tahun, Nyi Roro Kidul minta tumbal. Masyarakat setempat juga punya keyakinan untuk menghindari memakai baju berwarna hijau ketika berkunjung ke Pantai Parangkusumo. Penyebabnya, warna ini disukai oleh Nyi Roro kidul sehingga takutnya wisatawan tersebut diambil.

Entah benar atau tidak, yang jelas, memakai pakaian warna hijau memang tidak dianjurkan. Warna hijau sama dengan warna air laut di bagian yang agak dalam. Sehingga jika wisatawan yang memakai baju hijau terseret ombak, Tim SAR akan kesulitan untuk menemukan dan memberikan pertolongan.

Tempat Wisata Mistis Di Kaliurang, Goa Jepang

Goa Jepang ini lokasinya ada di Kaliurang. Berada di kawasan lereng Gunung Merapi, nuansa mistisnya pasti terasa kan. Bukan hanya karena posisinya yang ada di dekat Gununng Merapi, Goa Jepang ini di masa penjajahan dipakai oleh tentara Nipon untuk menyiksa orang pribumi.

Dipakai sebagai tempat penyiksaan, sudah pasti banyak korban meninggal di masa lalu. Korban di masa lalu inilah yang diduga membuat Goa Jepang tarasa angker.

Keraton Yogyakarta

Tempat wisata yang satu ini, nuansa mistisnya sangat terasa. Itu karena Keraton Yogyakarta masih dianggap sakral oleh banyak orang. Banyak benda benda yang diyakini menyimpan kesaktian di dalamnya. Mulai dari kereta, gamelan, hingga berbagai pusaka.

Tak hanya dijaga oleh para abdi dalem, keraton Yogyakarta, mitosnya juga dijaga oleh banyak mahkluk gaib. Boleh percaya boleh tidak, tapi sebaiknya kita berlaku sopan ketika berkunjung ke Keraton Yogyakarta ini. Nuansa mistis Keraton Yogyakarta bakal makin terasa ketika kita berkunjung bertepatan dengan berbagai ritual yang sering diadakan di dalam istana Raja Jogja ini. Seperti memandikan pusaka misalnya.

Gereja Gothic Sayidan

Bangunanya tua khas gereja-geraja tua di benua Eropa. Meskipun dinamai sebagai gereja Gothic Sayidan, bangunan ini sebenarnya bukan gereja. Namun hunian dari orang Belanda jaman dulu. Seperti bangunan tua lainnya, Gereja Gothic Sayidan kental dengan nuansa mistis. Apalagi setelah bangunan ini ditinggalkan oleh penghuninya. Gereja Gothic Sayidan pun cocok untuk dipakai uji nyali. Apakah kamu berani?

Tempat Wisata Mistis di Jogja, Kandang Menjangan

Kandang menjangan dikenal juga sebagai Panggung Krapyak. Dibangun lebih dari 2 abad yang lalu. Dulu, lokasi Kandang Menjangan ini masih berupa hutan. Keluarga kraton memakai Kandang Menjangan sebagai tempat berlindung dari hewan-hewan buas ketika berburu. Meski sekarang lokasinya sudah ada ditengah keramaian, 2 abad yang lalu, kandang menjangan memang masih berupa hutan yang dipenuhi hewan liar.

Tidak sembarangan orang boleh masuk kandang menjangan ini. Harus mendapatkan izin dari juru kunci terlebih dahulu. Yang membuat kandang menjangan terasa angker, beredar cerita bahwa dahulu pernah ada mahasiswa yang melintas malam hari. Ketika lampu sorot motor mengenai bagian dalam kandang menjangan, terlihat sosok wanita tergantung di dalamnya. Cerita mistis seperti ini cepat sekali menyebarnya.

Itulah 6 Destinasi wisata Jogja yang ada nuansa mistisnya. Kamu pernah mengunjungi yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *