Padat Karya Anggaran 32 Miliar di Bantul, Ini Kriteria yang Berhak Ikut

by -152 Views

 

Padat karya BKK 2024 disnakertrans bantul foto
Padat karya BKK 2024 disnakertrans bantul foto (Sumber fot:Bantul.go.id)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengatur pengenalan publik tentang proyek padat karya infrastruktur 2024 yang mendapatkan pendanaan dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Partisipasi masyarakat di lokasi yang dituju akan dilibatkan dalam kegiatan padat karya ini.

Dana Padat Karya BKK 2024 di Bantul Mencapai 32 Miliar

“Kegiatan padat karya yang mendapatkan pendanaan dari BKK, yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, mencakup 300 lokasi dengan total dana sebesar Rp 32 miliar,” ungkap Kepala Disnakertrans Kabupaten Bantul, Istirul Widilastuti, pada Jumat (19/4/2024).

Istirul menjelaskan bahwa untuk kegiatan padat karya infrastruktur di 276 lokasi, masing-masing lokasi dianggarkan sebesar Rp 100 juta. Sedangkan, di 24 lokasi lainnya, masing-masing lokasi dianggarkan sekitar Rp 200 juta.

Saat ini, menurut Istirul, pihaknya tengah mempersiapkan pengenalan publik tentang kegiatan padat karya kepada kelompok pekerja yang menjadi sasaran program ini. “Pengenalan publik kepada kelompok pekerja akan dimulai pada tanggal April. Selanjutnya, distribusi bahan material bangunan akan dilakukan.

Pelaksanaannya dijadwalkan sekitar Juni hingga juli 2024 Istirul menyatakan bahwa kegiatan padat karya infrastruktur ini mencakup pembangunan jalan cor blok, talud atau bangket, serta saluran drainase.

Anggaran Tiap Kelompok Pekerja Antara 100 Hingga 200 Juta.

Untuk kegiatan padat karya dengan anggaran sekitar Rp 100 juta, setiap kelompok kerja di setiap lokasi direncanakan terdiri dari 26 orang, terdiri atas seorang ketua, tukang, dan pekerja. Sedangkan, untuk lokasi padat karya dengan anggaran sekitar Rp 200 juta, setiap kelompok direncanakan terdiri dari 52 orang.

Yang Berhak Ikut Kegiatan Padat Karya BKK 2024 di Bantul

“Pekerja yang terlibat dalam kegiatan ini adalah warga setempat. Sasaran pekerja pada kegiatan padat karya adalah warga miskin, setengah penganggur, dan pengangguran,” jelas Istirul.

Melalui kegiatan padat karya ini, diharapkan dapat memberdayakan masyarakat meskipun hanya dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga dan akses ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Jenis Kegiatan Padat Karya yang Dilaksanakan Serta Waktunya

“Proses pengenalan publik kepada kelompok pekerja akan dimulai pada tanggal 22 April. Selanjutnya, distribusi bahan material bangunan akan dilakukan. Pelaksanaannya dijadwalkan sekitar tanggal 10 Juni hingga awal Juli, dan pekerjaan akan dimulai secara bersamaan di 300 lokasi. Pekerjaan dijadwalkan berlangsung selama 21 hari kerjaā€¯, ungkapnya.

Jadi kalau kamu tertarik dan merasa memenuhi kriteria untuk ikut padat karya BKK 2024 di bantul, jangan sampai kelewatan jadwal sosialisasinya di lingkungan tempat tinggal kamu ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *