Raih 51.583 Suara, Yayuk Basuki Gagal Jadi Anggota Dewan

by -122 Views
yayuk basuki gagal menjadi anggota dewan PDIP
yayuk basuki gagal menjadi anggota dewan PDIP

Yayuk Basuki gagal jadi anggota dewan. Padahal Dia merupakan legenda hidup tenis Indonesia. Lahir di Yogyakarta 30 November 1970, prestasinya di bidang tenis profesional cukup mendunia. Yayuk Basuki merupakan pemain Tenis dengan peringkat tertinggi di Indonesia. Pada tahun 1997, Yayuk Basuki di olahraga Tenis Profesional dunia menempati peringkat 19 WTA. sampai saat ini belum ada pemain tenis lain dari Indonesia yang berhasil melampaui prestasi Yayuk Basuki ini.

Selama berkarir di olahraga Tenis Profesional, total ada 15 gelar baik tunggal maupun ganda berhasil ia peroleh. Di turnamen Wimbledon, Yayuk Basuki pernah berhasil menembus perempat final. Yayuk Basuki aktif di dunia tennis sebagai pemain ganda hingga tahun 2013. Pensiun dari dunia Tenis, Yayuk kemudian terjun ke dunia politik melalui Partai Amanat Nasional dan kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Yayuk Basuki Maju Sebagai Caleg PDIP Pada Pemilu 2024

Setelah pensiun dari dunia tenis profesional, Yayuk Basuki kemudian terjun ke dunia politik. Tahun 2014 dia maju sebagai caleg DPR RI Dapil DIY melalui Partai Amanat Nasional. Yayuk pun kemudian terpilih menjadi anggota DPR dari tahun 2014 hingga 2019.

Pernah berhasil jadi DPR dari Partai PAN, pemilu 2024 ini, Yayuk Basuki kembali maju menjadi Caleg. Namun kali ini lewat partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Alasannya, Yayuk merasa lebih cocok dengan ideologi partai. Menurut Yayuk, PDIP konsisten membela wong cilik.

Mendapat Dukungan Dari Persatuan Purnawirawan Bantul

Setelah menyatakan diri maju sebagai caleg DPR RI dari partai PDIP, Yayuk pun kemudian mendapatkan dukungan dari persatuan Purnawirawan Polri Bantul. Pernyataan dukungan tersebut dilakukan di kampung Mataraman Panggungharjo, Sewon Bantul pada 10 Februari 2024.

Kenapa persatuan Purnawirawan Polri Bantul dukung Yayuk? Alasannya karena Yayuk merupakan anak dari mantan anggota Polisi yang dulu bertugas di Ditlantas DIY. Dukungan dari PP Polri ini membuat Yayuk semakin yakin bakal melenggang ke Senayan seperti yang dahulu pernah ia peroleh di tahun 2014 bersama PAN.

Yayuk Basuki Gagal Jadi Angggota Dewan

Hasil real count pemilu legislatif untuk wilayah DIY, Yayuk Basuki memperoleh suara sebesar 51.583 suara. Perolehan suara sebanyak ini ternyata gagal mengantarkan Yayuk Basuki untuk melaju ke Senayan. Ia masih kalah dengan perolehan suara 2 caleg di dapil yang sama dari PDIP.

Kedua caleg yang memperoleh suara lebih banyak dari Yayuk Basuki tersebut adalah My Esti Wijayati dan GM Totok Hedi Santosa. Yayuk pun dipastikan gagal ke menjadi anggota dewan pada Pemilu 2024 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *