Pengertian CL (Cut Loss) yang Sebenarnya

oleh

Pengertian CL

Saat ini saham menjadi salah satu bidang yang sedang banyak ditekuni oleh sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan usia. Agar bisa berhasil saat menjalankannya pastikan untuk mengetahui perihal pengertian CL (Cut Loss) untuk memudahkan apabila nantinya menghadapi posisi demikian.

Pengertian CL (Cut Loss)

Cut loss (CL) atau secara singkatnya disebut juga jual rugi merupakan upaya yag orang lakukan untuk meminimalisir adanya kerugian. Diambil dari site komunitas trader, istilah tersebut sejatinya menggunakan dua kata dengan makna memotong dan kerugian. Poin ini sangat penting untuk diperhatikan terutama trader atau investor.

Tindakan tersebut dapat Anda lakukan ketika harga saham pada suatu perusahaan ternyata terus merosot karena satu dan lain hal. Agar tidak semakin merugi, maka bisa menjualnya meskipun lebih rendah dari harga belinya. Namun penting untuk menganalisis lebih dulu sebelum mengambil keputusan.

Penerapan CL tentu sangat penting untuk para investor dan trader perhatikan guna mengamankan modal saat terjadi krisi finansial. Apabila tindakan ini tidak Anda lakukan, bisa beresiko sangat besar mengalami kerugian secara signifikan apalagi menanam modal cukup banyak.

Kapan Harus Melakukan CL?

Melakukan tindakan CL sendiri tidak boleh sembarangan dan perlu pertimbangan khusus agar dapat memilih keputusan paling tepat. Salah satu alasannya yakni harga saham sendiri bisa turun drastis namun juga kebalikannya. Berikut ulasan secara lengkapnya:

Kesalahan Pembelian Saham

Pada beberapa kasus, terkadang para investor atau trader bisa saja melakukan kesalahan dalam pembelian. Penyebabnya sendiri bisa beragam, misalnya saja karena tergesa gesa saat melakukan transaksi tanpa membaca lebih rinci informasi di dalamnya.

Situasi yang Mendorong Penurunan Harga Saham

Ada beberapa situasi di mana harga saham bisa menurun drastis karena satu dan lain hal misalnya konflik perusahaan atau perihal perekonomian global. Sebelum melakukan CL, pastikan meneliti apakah kondisi tersebut berlangsung lama atau tidak dan silahkan mencari solusi paling tepat.

Demikian penjelasan mengenai pengertian CL (Cut Loss) yang perlu Anda ketahui terutama bagi para investor dan trader untuk menekan kerugian. Informasi seperti ini tentu memiliki peran penting untuk menentukan keuntungan dan kerugian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.