Zamhari   Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kiat Praktis Menyiapkan Ibadah Umroh untuk Orang Tua

2 min read

Umroh untuk Orang Tua

Umroh untuk Orang Tua

 Ibadah umroh merupakan salah satu keinginan terbesar seluruh umat muslim selain ibadah haji. Bila persiapan rohani dan tabungan belum mencukupi, ibadah umroh boleh dijalankan sebelum menunaikan ibadah haji. Saat ini, info mengenai biaya umroh terbaru bisa diakses secara mudah melalui internet. Anda pun bisa membandingkan harga dan pelayanannya sebelum menentukan pilihan terbaik.

Jika Anda sudah memiliki budget yang memadai, berarti Anda sudah bisa menyiapkan ibadah umroh untuk orang tua. Pasti orang tua Anda merasa senang sekali bila berkesempatan berangkat umroh dalam waktu dekat. Anda harus memperhatikan kiat-kiat praktis berikut ini bila akan menyiapkan ibadah umroh untuk orang tua dalam waktu dekat:

Fasilitas Umroh yang Lengkap untuk Orang Tua

Anda yang masih muda tentu tak akan kesulitan menunaikan ibadah umroh dengan fasilitas minim atau gaya backpacker. Namun, tidak demikian halnya dengan orang tua yang sudah lansia. Selain mempertimbangkan biaya umroh yang murah, Anda juga harus mencermati fasilitas yang disediakan pihak travel. Pastikan bahwa fasilitas tersebut akan membuat orang tua Anda merasa nyaman.

Beberapa fasilitas khusus yang dibutuhkan lansia antara lain kursi roda dan pendamping yang jenis kelaminnya sama. Sehingga orang tua Anda akan merasa nyaman dan tetap sehat selama beberapa hari berada di tanah suci.

Membantu Persiapan Dokumen yang Dibutuhkan

Ketika akan menunaikan ibadah umroh, orang tua Anda tentu harus memiliki sejumlah dokumen penting sebagai syarat keberangkatan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain paspor, visa, bukti vaksin meningitis, fotokopi akta kelahiran, fotopi surat nikah (bagi pasangan suami istri), dan lainnya.

Pastikan bahwa Anda sudah membantu menyiapkan seluruh dokumen tersebut tanpa ada yang terlewatkan. Sehingga proses mengurus keberangkatan umroh orang tua jadi lebih lancar. Orang tua Anda dapat menunaikan ibadah umroh pada waktu yang sudah direncanakan.

Menyiapkan Perbekalan Vitamin dan Obat-Obatan

Orang tua biasanya mengonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu secara rutin. Itulah sebabnya Anda tidak boleh lalai menyiapkan perbekalan yang satu ini. Pastikan bahwa jumlah vitamin dan obat-obatan milik orang tua Anda sudah cukup untuk mendukung kenyamanan ibadah umroh. Selain itu, orang tua yang sudah sangat sepuh biasanya juga membutuhkan popok orang dewasa agar keinginan buang air kecil tidak mengganggu aktivitasnya.

Membantu Orang Tua Menyiapkan Pakaian

Selain perlengkapan ibadah, bekal pakaian orang tua untuk ibadah umroh juga harus disiapkan secara teliti. Siapkanlah pakaian yang nyaman, sopan, dan mudah menyerap keringat agar pakaian tersebut tetap nyaman digunakan ketika cuaca panas. Usahakan untuk menyiapkan pakaian dalam jumlah cukup banyak. Supaya jumlah pakaian bersih tersebut mencukupi jika orang tua Anda agak sering berganti pakaian akibat cuaca panas.

Memberikan Bekal Uang Tunai Secukupnya

Anda tak perlu memberikan bekal uang tunai dalam jumlah banyak kepada orang tua yang akan pergi umroh. Karena biasanya hampir seluruh kebutuhan peserta umroh sudah difasilitasi oleh perusahaan travel. Uang tunai hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi dan membeli oleh-oleh. Membawa uang tunai dalam jumlah terlalu banyak justru rentan hilang atau menjadi korban tindak kriminalitas.

Solusi lain yang bisa Anda siapkan untuk orang tua adalah memberikan bekal berupa kartu kredit. Nanti, kartu kredit tersebut bisa digunakan untuk transaksi di berbagai merchant bila ada hal-hal yang bersifat mendesak.

Menyiapkan SIM Card Khusus untuk Berkomunikasi

Jika Anda ingin berhemat sekaligus tetap bisa berkomunikasi dengan orang tua yang berada di tanah suci, siapkanlah SIM card khusus sebelum orang tua berangkat. Nantinya SIM card tersebut tinggal dimasukkan ke smartphone dan bisa digunakan untuk mengakses internet. Orang tua Anda tak akan kesulitan berkomunikasi dengan Anda maupun anggota keluarga lainnya jika sudah dibekali SIM card khusus yang mudah digunakan.

Mengajak Orang Tua Menyiapkan Kondisi Fisik

Cuaca yang panas dan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi saat umroh rentan mengganggu kesehatan orang tua. Jadi, sebaiknya Anda menyiasati hal tersebut dengan mengajak orang tua menyiapkan kondisi fisik. Anda bisa mengajak orang tua untuk jogging atau berenang secara teratur sejak dua bulan sebelum jadwal keberangkatan umroh. Latihan fisik yang sederhana sudah cukup efektif untuk menyiapkan kesehatan orang tua sesaat sebelum menunaikan ibadah umroh.

Memilihkan Jadwal Penerbangan Langsung

Jadwal penerbangan langsung tanpa transit adalah pilihan terbaik untuk orang tua lansia yang akan beribadah umroh. Penerbangan tersebut membuat lansia bisa beristirahat secara maksimal selama beberapa belas jam. Sehingga orang tua Anda tak perlu direpotkan dengan momen transit yang melelahkan dan menyita waktu.

Jangan lupa pula mengingatkan orang tua untuk memanfaatkan fasilitas toilet pesawat. Supaya nanti orang tua Anda tak perlu antre lama di toilet bandara. Perjalanan menuju hotel bisa dilakukan secara cepat tanpa direpotkan oleh antrean toilet yang panjang.

Kesimpulannya, Anda tak perlu mengkhawatirkan kondisi orang tua saat akan menunaikan ibadah umroh. Orang tua Anda pasti merasa senang dan siap menjalankan ibadah dengan khusyuk. Biaya umroh yang terjangkau membuat Anda tak perlu ragu menyiapkannya bagi orang tua. Yuk, mari di lihat info di https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/ pilihkan paket perjalanan umroh terbaik untuk orang tua Anda.

 

 

Zamhari   Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!