7 Aksara Swara/Aksara Vocal yang Sebaiknya Anda Pahami

oleh
Aksara Swara di Aksara Jawa
Aksara Swara di Aksara Jawa
Jogja Post — Sebagaimana namanya, swara artinya suara. Yakni aksara yang fungsinya untuk mempertegas suara atau pelafalannya.

Bila Anda pernah belajar menyanyi, barangkali Anda akan diajarkan oleh guru Anda bagaimana cara bernyanyi yang baik dan benar. Salah satunya mengenai kejelasan vocal.

Yups, baik di dunia seni tarik suara atau tulisan, vocal sangatlah penting. Beberapa orang mengatakannya sebagai pokok, suara pokok. Maka dari itu, di dalam dunia tarik suara Anda ditekankan untuk membuka mulut Anda tiga jari dengan harapan suara vocal Anda akan lebih jelas.

Begitu juga dengan aksara swara yang terdapat di dalam aksara Jawa. Ia berfungsi mempertegas pelafalan. Nah, bila di aksara Jawa sendiri menggunakan huruf o’ sebagai warna pokok, maka agar bisa menjadi a-i-u-e-o diperlukan aksara yang bernama aksara swara.

Aksara Swara

Aksara Swara
Aksara Swara

Biasanya, aksara swara ini digunakan untuk mempertegas pelafalan bunyi suku kata dari bahasa asing. Dengan demikian, bahasa apapun bila ditulis dengan aksara Jawa semua akan bisa dan sempurna.

Adapun bentuk-bentuk aksara swara sebagai berikut:

Aksara Swara dalam Aksara Jawa
wikimedia.org

Kaidah Penulisan Aksara Swara

Aksara Swara Tulisan Jawa
Aksara Swara Tulisan Jawa

Aksara swara pun mempunyai kaidah tersendiri bagaimana cara menuliskannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda selalu ingat dan serasa mudah;

  1. Tidak seperti yang lain, aksara swara tidak bisa dijadikan sebagai pasangan
  2. Bila Anda menulis aksara Jawa, kemudian aksara Swara menemui sigegan; yakni konsonan pada akhir suku kata sebelumnya, maka mau tidak mau dalam kaidah kepenulisannya, sigegan tersebut dimatikan dengan pangkon.
  3. Aksara swara dapat diberikan sandangan, baik sandangan cecak, layar, wignyan dan lain sebagainya.

Contoh Aksara Swara

Agar mempermudah Anda dalam memahami aksara swara, ada baiknya kami akan menyajikan contoh yang konkrit bagaimana penggunaan aksara swara.

Berikut ini 3 contoh penggunaan aksara swara dalam kalimat Kita Al Quran, Wus Ikhtiyar dan Wulan Oktober.

Contoh Aksara Swara
Contoh Aksara Swara

Sekian pemaparan singkat mengenai aksara swara, jangan lupa menyimak mengenai Aksara Murda. Selebihnya, agar Anda lancar membaca dan menulis dengan aksara Jawa, Anda bisa memperbanyak latihan. InsyaAllah, Gusti mboten sare 🙂

Berita Jogja Hari Ini

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *