Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Melihat Hilal atau Mendengar Pengumuman Hari Pertama Bulan Ramadhan

oleh
Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Saat Melihat Hilal atau Mendengar Pengumuman Hari Pertama Bulan Ramadhan
Pixabay.com

JOGJA POST — Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama muslim terbesar di dunia. Hampir 80% masyarakat Indonesia tercatat sebagai pemeluk agama Islam, maka tidak aneh jika ketika berpergian di seluruh wilayah Indonesia, sahabat bisa dengan mudah menemukan tempat ibadah umat Islam, baik masjid besar maupun mushola kecil.

Berbicara tentang islam ada satu bulan dalam satu tahun dimana umat Islam memiliki ibadah khusus yang dilaksanakan selama satu bulan. Dengan kondisi Indonesia yang dipenuhi oleh masyarakat beragama islam.

Maka bulan ini biasanya juga turut dirayakan oleh umat agama lainnya di Indonesia, karena hadirnya bulan ini memang membuka beberapa peluang usaha. Apalagi kalau bukan bulan Ramadhan, yang kehadirannya membawa kedamaian dan beragam macam keuntungan.

Bagi umat Islam bulan ini menguntungkan dari segi ibadah, segala macam amal baik di bulan ini akan mendapat ganjaran puluhan kali lipat pahala dari yang biasa kita dapat. Bagi umat beragama lain, bulan ini bisa menjadi ladang usaha dan toleransi.

Setiap orang dari agama apapun pasti menyukai kedamaian, pada bulan ini setiap umat muslim berlomba-lomba menciptakan kedamaian dan menahan amarah. Sebagia negara dengan jumlah penduduk muslim yang cukup besar, maka kedamaian di Indonesia akan lebih terjaga di bulan ini.

Selain itu, bulan ramadhan juga menandakan akan munculnya pasar-pasar dadakan di sore hari menjelang bulan puasa, biasanya disebut sebagai pasar ramadhan. Pasar Ramadhan menyediakan berbagai macam menu untuk berbuka puasa, kebanyakan yang memiliki cita rasa manis.

Nah, selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi keistimewaan dari datangnya bulan ramadhan. Salah satunya adalah pada saat menentukan datangnya bulan puasa. Yaitu dengan melihat hilal.

Hilal adalah sabit bulan baru yang menandai masuknya bulan baru pada sistem kalender Qomariyah atau Hijriah. Hilal merupakan fenomena tampakan Bulan yang dilihat dari Bumi setelah ijtimak atau konjungsi. (https://id.wikipedia.org/wiki/Hilal)

Tidak semua orang islam dapat melihat hilal, bahkan biasanya hilal hanya dapat dilihat dari tempat-tempat tertentu. Seperti misalnya tempat dengan wilayah yang lebih tinggi dari tempat lainnya.

Pemerintah Indonesia sendiri, melalui Kementrian Agama memiliki beberapa titik khusus untuk melihat hilal sebelum kemudian mengumumkan kapan hari pertama bulan Ramadhan tiba. Menyambut, bulan Ramadhan atau terlihatnya hilal, Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa ini ketika melihat hilal atau mendengar pengumuman hari pertama bulan Ramadhan;

“Ya Allah jadikanlah Hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan dan keislaman.”

Doa ini bisa anda lihat penjelasannya dari Imam Nahrawi Rahimahullah dalam al-Majmu Syarah al Muhadzdzab. Hadist tersebut diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Doa tersebut bertujuan untuk memohon kesehatan agar kita mampu berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan dengan keimana dan ketetapan hati yang kuat. Serta semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah.

Indah sekali ya ternyata doa yang diajarkan oleh Rasulullah, mengajarkan kita meminta segala yang penting dalam hidup ini kepada Allah. Berdoa buka hanya soal meminta mobil dan rumah baru, kesehatan diri juga hal yang berharga untuk kita sampaikan dalam doa.

Karena sekarang sahabat sudah tahu mengenai doa indah yang diajarakan Rasulullah dalam menyambut bulan Ramadhan. Mulai sekarang jangan lupa untuk membaca doa ini setiap kali sahabat berkesempatan berjumpa dengan Ramadhan ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *