Israel Resmi jadi Negara Yahudi

oleh

Israel Resmi jadi Negara Yahudi

Undang-undang penetapan telah disahkan oleh Parlemen Israel, Knesset. Pengesahan tersebut tentuya memunculkan kekhawatiran tersendiri mengingat ada sejumlah pihak yang merasa ada diskriminasi bagi bangsa Arab di negara Israel.

Undang-undang tersebut menjadi bagian dari dasar huku Israel yang fugsinya untuk konstitusi de facto. “Ini adalah momen menentukan dalam sejarah negara Israel, dimana bahasa, lagu kebangsaan, dan bendera kita dituliskan di dalam konstitusi,” Ungkap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

UU tersebut disahkan melalui dukungan 62-55. Adanya UU tersebut melahirkan aturan bahwa bangsa nasional Israel adalah Ibrani dan komunitas Yahudi ditetapkan sebagai salah satu kepentingan nasional.

Adapun bahasa arab yang sebelumnya dijadikan bahasa resmi negara, saat ini bahasa arab hanya diberikan status khusus di dalam UU tersebut.

Hukum tersebut juga berbunyi bahwa Israel sebagai Tanah Air bersejarah bagi Yahudi dan menyatakan bahwa mereka mempunyai hak untuk menentukan nasib sendiri.

UU tersebut menghapus klausul kontroversial yang sebelumnya telah diajukan setelah memicu kritik dari oposisi bahkan Presiden Rauven Rivlin. Klausul tersebut memuat gagasan spesifik hanya melegalkan pembentukan komunitas Yahudi di negara Israel.

Berita Jogja Hari Ini

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *