SANG GURU YANG SEDERHANA NAN CERDAS

oleh
SANG GURU YANG SEDERHANA NAN CERDAS
islampos.com

Siapa yang tidak mengenal ulama dengan inisial UAS, belakangan ini nama beliau tengah banyak di sebut dan di puji oleh masyarakat muslim di Indonesia. Kecerdasan beliau dalam bidang ilmu fikih dan kepandaian beliau dalam menyampaikan hukum agama islam banyak digemari oleh umat muslim di seluruh penjuru negeri.

Beliau memiliki nama panjang Abdul Somad Batubara, lahir di Silo Lama, Sumatera Utara, pada 18 Mei 1977. Sejak kecil Ustadz Abdul Somad sudah disekolahkan oleh orangtua di sekolah-sekolah dengan latar belakang agama islam. Mulai dari SD Al – Wasliyah, kemudian Mts Al – Wasliyah Medan, lanjut pada Madrasah Aliyah Nurul Falah.

Selesai mengeyam pendidikan di MA Nurul Falah, Ustadz Abdul Somad melanjutkan pendidikan di Universitas Sultan Syarif Kasim Riau. Sebelum di wisuda sebagai mahasiswa UIN Suska, Ustadz Abdul Somad terlebih dahulu diterima sebagai salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa dari pemerintah Mesir.

Selanjutnya, Ustadz Abdul Somad menyelesaikan pendidikan S1 nya di Universitas Al-Azhar Mesir. Mengalahkan 900 pendaftar lainnya Ustadz Abdul Somad kemudian menyelesaikan gelar Lc-nya di Universitas Al-Azhar dalam waktu 3 tahun 10 bulan.

Tidak berhenti pada beasiswa S1, Ustadz Abdul Somad kembali lolos dalam seleksi beasiswa S2 di Maroko. Kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa untuk menjalani pendidikan S2 di Universitas Dar Al – Hadis Al – Hassania yang setiap tahunnya hanya menyediakan 20 kursi, 15 kursi untuk mahasiswa Maroko dan 5 sisanya untuk mahasiswa asing.

Berkat kegigihannya, Ustadz Abdul Somad akhirnya berhak menduduki salah satu kursi yang ditujukan untuk 5 mahasiswa asing dan menjalani perkuliahan S2 nya selama 1 tahun 11 bulan. Setelah masa waktu itulah Ustadz Abdul Somad kemudian mendapatkan gelar D.E.S.A – nya.

Pada tahun 2009, Ustadz Abdul Somad diketahui menjabat sebagai dosen Bahasa Arab dan Tafsir Hadist di UIN Suska. Beliau juga mengajar sebagai dosen Agama Islam dan Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Masmur, Riau.

Seain berprofesi sebagai tenaga pengajar, Ustadz Abdul Somad juga diketahui pernah menjabat sebagai anggota MUI provinsi Riau, Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama dan juga anggota Badan Amil Zakat di Riau mulai tahun 2009 hingga 2014.

Saat ini kesibukan Ustadz Abdul Somad berada di bidang kajian dan ceramah, beliau banyak di undang untuk mengisi ceramah di berbagai wilayah di Indonesia. Selain melakukan safari ceramah, Ustadz Abdul somad juga membagikan ceramahnya melalui akun sosial media seperti YouTube.

Anda bisa melihat kumpulan video Ustadz Abdul Somad melalui akun YouTube bernama Ustadz Abdul Somad. Melalui media sosial pula lah akhirnya video – video ceramah Ustadz Abdul Somad menjadi viral dan banyak dibagikan oleh pengguna sosial media.

Ceramah Ustadz Abdul Somad banyak disukai masyarakat karena kepiawainnya dalam menyampaikan materi menggunakan pendapat dari empat imam madzhab dan diselingi senda gurau sehingga pesan dapat tersampaikan dengan mudah.

Selain itu hal lain yang disukai masyarakat dari sosok Ustadz Abdul Somad adalah gaya hidupnya yang sederhana, bahkan Ustadz Abdul Somad tidak pernah memasang tarif ceramah. Berapapun yang diberikan bahkan meski tak diberi imbalan, Ustadz Abdul Somad siap berdakwah ke berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, nampaknya jamaah Ustadz Abdul Somad selalu menyambut datangnya Ustadz Abdul Somad dengan penuh jamuan. Bahkan ada yang menjamunya dengan sebuah mobil Alphard dan menggunakan inisial UAS pada plat nomornya.

Demikianlah kilasan mengenai sang guru yang cerdas nan sederhana. Semoga kita bisa mengambil sisi baiknya sebagai tauladan dan jika ada keburukan sebagai pelajaran. Semangat menimba ilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *