Telaga Biru; Wisata Memanjakan Mata di Pinggiran Yogyakarta

telaga biru gunung kidul
http://ngadem.com/telaga-biru-semin-gunungkidul/
 
Jogja Post — Jika membaca tentang ”Telaga Warna atau Telaga Biru” di dalam buku atau mendengar seseorang membahasnya di depan telinga Anda, apa yang Anda pikirkan?
Apakah Anda akan membayangkan sebuah fanorama alam menakjubkan atau sebuah telaga yang dihiasi oleh berbagai macam warna air, atau Anda tidak bisa membayangkannya dengan nalar logis Andatentang bagaimana rupa telaga warna?
Nah, dijawab sendiri saja jika seperti itu.
Apa lagi ketika Anda sedang berwisata namun belum pernah tahu tentang Telaga Warna, mungkin akan merasa kurang atau malah penasaran jika tidak pernah ke sana.
Lebih parahnya lagi, jika Anda hanya bisa mendengarnya dari bisik-bisik remang cerita teman saja dan teman Anda itu mempunyai berbagai macam versi tentang Telaga Warna,tentunya membuat Anda semakin tergodaberlarut-larut lamanya.

Telaga Warna Bukti Warna-warni Jogja

Anda pasti tahu tentang Kota Yogyakarta, kota yang dijuluki ”Kota Pejalar.” Selain Kota Pelajar, Kota ini menyumbangkan banyak prestasi, intelektual dan generasi penerus bangsa, namun wisatanya tidak kalah menarik bin keren loh!
Jangan Anda hanya tahu bahwa tempat wisata di Yogyakarta hanya wisata yang bersifat sejarah saja atau hanya mengetahui Candi Prambaban saja.
Nah, itu sangat parah Bung! Apa lagi buat Anda yang sudah lama di sini, namun hanya tahu yang itu dan itu saja. Sungguh memilukan bingar.
Di Kota Yogyakarta, selain dihiasai dengan wisata artefak berbasis budaya yang banyak mengandung nilai artistik dan sejarah, namun Yogyakarta juga mempunyai tempat wisata Telaga Warna loh! Tidak hanya cagar budaya saja.
Telaga Warna di Yogyakarta ini berada di perbatasan Gunungkidul dengan Jawa Tengah. Jika Anda dari kota Wonosari, Anda bisa langsung ke Dusun Ngentek, Candirejo, Semin, Kecamatan Gunungkidul. Jika Anda takut tersesat saat mau ke sana?Tenang saja, Anda bisa mencari lokasinya dengan menggunakan Google Maps yang ada di ponsel Anda.
Jika Anda berada di Kota Yogyakarta, mungkin Anda akan menempuh jalan 2 atau 3 jam perjalanan untuk sampai ke Telaga Biru. Tetapi Anda tenang saja, kekesalan Andaakan terobati ketika sudah berada di sana.
Sebab kelelahan itu akan terbayar dengan pemandangan indah yang bisa dinikmati dengan jelas oleh mata.
Nah, untuk lebih lanjutnya lagi, Anda lebih baik mengetahui sejarahnya dan apa saja yang menarik dari Telaga Biru. Agar Anda tidak hanya berwisata saja, tetapi juga mendapatkan ilmunya.
Apa lagi tentang Telaga Biru di Yogyakarta ini, masih sedikit orang yang tahu dan apa lagi mengetahui sejarahnya dan sebagainya mungkin hanya bebarapa segelintir manusia saja.
Nah, untuk lebih lanjutnya lagi, ini adalah beberapa pengetahuan yang Anda harus simak tentang Telaga Biru yang tentunya akan memberimu ilmu.

Sejarah Telaga Biru

Setiap tempat yang ada di penjuru dunia dan khusunya Nusantara ini, tidak akan bisa lepas dari apa yang namanya asal-muasal atau sejarah. Begitupun yang ada di Yogyakarta.
Kota Yogyakarta adalah termasuk daerah yang sangat sarat dengan unsur sejarahnya. Mulai dari tempat berdirinya Organisasi kedua terbesar seperti Muhammadiyah dan pernah menjadi Ibu Kota semasa Presiden Soekarno.
Masih banyak lagi sejarah yang terkandung di Yogyakarta dan tak mungkin disebutkan semuanya.
Namun, adakah sejarah Telaga Biru? Mulai dari masa asal-muasalnya Telaga itu terbentuk dan sebagainya. Pasti ada sejarahnya, karena setiap sesuatu yang ada tidak lepas dari asal-muasalnya.
Dulunya, Telaga Biru merupakan tempat tambang batu putih yang dikelola oleh seorang pengusaha.
Akibat pemberehentian aktivitas pertambangan dan sering sekali hujan mengakibatkan, daerah yang dulu gersang dan tandus menjadi objek wisata yang sangat diburu oleh para wisatawan yang hendak berlibur di Yogyakarta.
Air-air yang berada di Telaga Biru juga berasal dari bawah tanah. Selain airnya berasal dari air hujan, tetapi ternyata juga air Telaga Biru dari mata air di dalam bumi sana loh!
Jadi ketika Anda mandi di Telaga Biru, Anda akan mendapatkan kesegaran plus pemandangan yang indah dari alamnya. Anda tidak akan bosan jika berenang, karena Anda akan disuguhkan dengan hal yang bermacam-macam dan temtunya, tidak akan membuat Andabosan.

Asal Penamaan Telaga Biru

Untuk sebuah penamaan apa pun itu, tidak bisa lepas dari apa yang manusia lihat dan rasakan. Jika zaman dahulu, orang menamakan sesuatu, ia akan menamakan apa yang ia temukan itu dengan apa yang awal ia lihat dan rasakan.
Kita misalkan seperti ini saja,” jika Anda menemukan Telaga yang belum ditemukan manusia dan kemudian Anda terhentak dan terpesona dengan airnya yang teramat biru serta indah.”
Apa nama yang Anda akan berikan? Sedangkan hal yang pertama membuat Andatakjub adalah airnya yang teramat biru. Nah, saya sangat yakin, Anda akan menamakan apa yang pertama kali membuat Andatakjub.
Begitupun dengan penamaan Telaga Biru yang ada di Gunungkidul ini. Selain ia menawarkan sebuah keindahan dari luar telaganya, namun Anda akan dibuah takjub dengan airnya.
Sebab orang yang menemukannya pertama kali melihat keelokan dari air yang bernama itu dan akhirnya dinamakanlah Telaga Biru. Banyak yang mengatakan bahasa itu adalah kesepakan kolektif (bersama) dari masyarakat. Tapi benar adanya memang, seperti apa yang dikatakan tadi.
Akibat kesepakan itu muncullah penamaan Telaga Biru dan orang akan menamakan seperti apa yang disepakati bersama tadi.
Alhasil, Telaga ini sampai sekarang dinamakan Telaga Biru karena kebiruan yang ditawarkan oleh airnya. Hingga banyak para wisatawan, baik itu lokal atau pun internasional menyebut namanya dengan Telaga Biru.
Bahkan, jika Anda membuka maps dan mengetik Telaga Biru, Anda akan menemukannya di maps. Karena Telaga Biru ini sudah lumayanterkenal di Yogyakarta.

Mitos Telaga Biru

Apa pun itu, baik berupa peninggalan dan lain-lain, pastilah mempunyai mitos tersendiri. Apa lagi mitos untuk sebuah tempat. Jika membicarakan mitos tentang Telaga Biru akan banyak orang yang mengatakan bahwa Telaga Biru muncul airnya secara tiba-tiba.
Padahal jika dilihat dari sisi geografis  wilayah Gunungkidul, apa lagi di daerah Telaga Biru ini sangatlah kering. Jadi sangat sulit untuk menemukan air sejernis dan sebiru Telaga Biru di tengan tanah yang kering seperti di Gunungkidul.
Mitos yang lain dari sebuah telaga, entah apa pun nama telaga itu, telaga menurut mitos orang-orang terdahulu merupakan tempat pemandian para dewi dari kayangan sana. Nah, jika Anda ke sana, mungkin saja Anda menemukan dewi yang Anda-Anda tunggu sejak dulu.
Setiap Telaga yang ada, rata-rata mempunyai mitos-mitos yang berbeda dan ada juga yang sama. Apa lagi tentang telaga adalah tempat pemandian para dewi kayangan sana

Harga Karcis Telaga Biru

hampir di wilayah Yogyakarta mempunyai wisata yang gratis untuk memasukinya. Apa lagi di daerah Gunungkidul.
Jika Anda hendak berwisata ke Telaga Biru, Anda tidak akan membayar mahal seperti tempat wisata yang lain. Anda hanaya cukup membayar pakir sebesar 10.000 untuk menjaga keamanan motormu saja. Bagaimana? Murah meriah kan?

Keunikan Telaga Biru

Keunikan dari Telaga Biru ini banyak loh! Pertama ia berada di daerah Gunungkidul yang masih jauh dari hingar-bingar perkotaan. Kedua, Telaga warna ini dikelola langsung oleh warga sana, ketiga, Telaga Biru merupakan telaga yang terbentuk dari hasil penambangan.
Keempat, selain Anda bisa melihat keindahan Telaga Biru, Anda juga akan disuguhkan dengan tebing dan pohon-pohannya dan kelima, setelah Anda pulang, Anda bisa mampir di daerah wisata Gunungkidul yang indah-indah.

Rute Menuju Telaga Biru

Jika Anda dari jogja, rute yang Anda harus lewati sebelum Anda sampai ke Telaga Biru. Pertama, Anda harus ke melewati ke arah Gedung Kuning. Kedua, Anda harus menuju jalan Wonosari dan setelah itu Anda menuju ke daerah Piyungan.
Ketiga, Anda akan melewati Bukit Bintang dan Anda lurus mengikuti jalan yang di Bukit Bintang. Kempat, Anda harus melewati daerah Sambiputi dan kemudian Anda menemukan Lanud TNI AU.
Kelima, Anda akan meleawati daaaaerah Gading dan menuju ke daerah Siyono. Keenam, setelah Anda melewati daerah Siyono, Anda akan melewati daerah Wonosari dan menuju ke daerah Selang.
Ketujuh, Anda akan menemukan daerah Wiladeg, dan setelah itu, Anda harus mencari perempatan Karangmojo ke utara. Kedelapan, Anda Anda lurus akan menemukan pertigaan Kepil dan ke mudian Anda harus ke kanan serta Anda harus ke arah Semin.
Kesembilan, ketika Anda sudah menemukan daerah Semin, Anda harus menuju ke jalan Weru Semin dan menuju ke arak Gentek Candirejo.
Hal yang Anda harus lakukan setelah setalah ke arah Ngantek, Anda menanyakan kepada warga sekitar tentang letak Telaga Biru dan setelah Anda menyakan, Anda akan diarahkan ke darah telaga Biru. Alhasil, Anda akan datang dan menemukan keindahan alam ciptaan Sang Tuhan yang akan membuatmu takjub.

Tips Liburan Menuju Telaga Biru

Jika Anda dari Kota Yogyakarta dan ingin menuju ke telaga biru, Anda harus mempersiapan bebarapa persiapan. Pertama, Anda harus mengisi bensin motor atau mobil Andadengan bensin full.
Kedua, Anda harus menggunakan jaket, celana panjang dan sarung tangan. Sebab di daerah Gunungkidul, cuaca agak panas dan yang ketiga, Anda harus mempersiapankan bekal agar Anda tidak usah repot-repot membeli makanan di pinggiran jalan.
Sedangkan untuk perjalanannya, agar terjal. Berarti Anda harus menggunakan genderaanmu dengan kecepatan sedang. Misalkan, jika Anda tidak ingin lelah berkendara, Anda bisa menyewa mobil dan supirnya di rental-rental yang tersebar hampir di setiap wilayah Yogyakarta.
Atau Anda bisa berangkat ketika waktu sore untuk melihat pemandangan sore hari daerah di sekitaran Yogyakarta. Apa lagi, waktu sore sangat cocok untuk Anda yang suka dengan jalan-jalan plus suka melihat pemandangan di daerah sekitar.
Nah, jika Anda pulang. Hal yang terlebih dahulu yang Anda harus ingat adalah tentang waktu kapan Anda akan pulang. Terlebih lagi, daerah Gunungkidul masih agar sepi. Anda jangan pulang kesorean, karena agar gelap susananya jika di waktu malam.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Telaga Biru

Ativitas yang Anda bisa lakukan di Telaga Biru banyak sekali. Mulai dari foto selfie, berenang, ,melihat tebing yang indah dan melihat suasan perdesaan yang masih asri.
Apa lagi ketika Anda pergi di kala pagi hari, Anda akan di manjakan dengan suasana alam yang masih asri dan untuk waktu sore hari, Anda bisa di manjakan dengan suasan di tebing-tebing dekat Telaga biru yang memanjakanmu.
Ketika Anda akan pulang dari Telaga Biru, Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar ketika Anda pulang. Apa lagi di daerah Gunung Kidul masih bersih dari folusi udara dan beda seperti di Kota Yogyakarta sendiri

Fasilitas di Telaga Biru

Selain Anda akan dimanjakan dengan alamnya, Anda akan difasilitasi oleh warga. Banyak yang Anda akan dapatkan. Pertama, Anda bisa menyewa pelampung, jika Anda tidak bisa berenang dan ingin menjaga kesalamatan Anda.
Kedua, Anda bisa menyewa perahu-perahu dari warga untuk lebih merasakan bagaimana rasanya melihat pemandangan Telaga Biru dari atas perahu.
Ketiga, motormu akan aman, jika Anda parkir di sana. Jadi Anda tidak usah khawatir motor Anda akan kenapa-kenapa atau motor Andaakan hilang. Sebab, warga akan menjaga keutamaaan para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *