Peringkat Terbaru 10 Universitas Terbaik Indonesia versi QS, UGM, UI, dan ITB Masih Jadi Big Three

oleh

10 Universitas Terbaik di Indonesia versi QS

Peringkat Terbaru 10 Universitas Terbaik Indonesia (Gambar: QS World University Rankings)

Quacqerelli Symond (QS) World Academic Rankings baru saja merilis daftar terbaru universitas terbaik dunia pada hari selasa (8 Juni 2021) kemarin. Daftar ini juga mencakup daftar perguruan tinggi terbaik di setiap negara, termasuk di Indonesia.

Lembaga QS World University Rankings sendiri merupakan lembaga pemeringkat universitas dunia yang memiliki kredibilitas dan reputasi. Setiap tahun mereka mengadakan penilaian di akhir semester kedua perguruan tinggi.

Aspek penilaian yang dijadikan standar utama pemeringkatan QS World University Rankings adalah Reputasi Akademik dengan porsi sebesar 40%. Hal ini biasanya dilihat dari survei akademik yang mereka lakukan dengan melibatkan 130.000 individual mengenai pengajaran dan kualitas akademik.

Sebagai catatan, bahwa lembaga pemeringkat ini biasanya menggunakan ukuran seberapa baik kualitas universitas dalam setahun kedepan. Jadi daftar di bawah ini merupakan daftar universitas terbaik di Indonesia 2022 versi QS World University Rankings. Hal ini digunakan sebagai ukuran dalam setahun kedepan sebaik apa performa terbaik universitas. Sehingga kedepannya masih bisa dijadikan ukuran yang bersifat tetap dan utama bagi universitas tersebut

Wajar apabila beberapa hal terkait penilaian lembaga universitas dari lembaga ini bisa dijadikan rujukan secara akademis. Lembaga ini bisa dikatakan salah satu lembaga pemeringkat yang dapat dijadikan referensi utama dalam mencari universitas berkualitas.

10 Universitas Terbaik Indonesia versi QS, UGM di Puncak

Mungkin tahun ini merupakan tahun terbaik bagi Universitas Gadjah Mada. Sebab universitas ini selalu berada di peringkat satu survei yang diadakan oleh sejumlah lembaga pemeringkat universitas dunia. Hal ini tidak jauh berbeda dengan peringkat yang dikeluarkan oleh Webometrics sebelumnya pada bulan Januari Kemarin.

UI dan ITB juga masing-masing masih menjadi penghuni tiga besar a.k.a big three universitas terbaik di Indonesia. Namun selamat kepada Universitas Airlangga Surabaya yang kali ini berhasil menembus peringkat 500 dunia dan keempat terbaik di Indonesia.

Peringkat selanjutnya yaitu IPB juga masih menjadi salah satu universitas terbaik kelima di Indonesia. Sementara itu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ada di peringkat keenam Indonesia. Hal ini semakin menegaskan ITS Surabaya sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Sementara itu peringkat ketujuh diraih oleh Universitas Padjajaran yang juga berhasil masuk peringkat 801-1000 dunia. Menariknya ada pada daftar akhir ini ada didominasi oleh universitas swasta seperti Universitas Bina Nusantara (8) dan Universitas Telkom (10). Kedua universitas tersebut otomatis menemani ITS sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi QS. Sementara Universitas Diponegoro (9) melengkapi jajaran universitas negeri terbaik di Indonesia.

Berikut Daftar 10 Universitas Terbaik Indonesia versi QS World University Rankings:

  1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia 254)
  2. Universitas Indonesia (Peringkat Dunia 290)
  3. Institut Teknologi Bandung (Peringkat Dunia 303)
  4. Universitas Airlangga (Peringkat Dunia 465)
  5. Institut Pertanian Bogor (Peringkat Dunia 511-520)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (Peringkat Dunia 751-800)
  7. Universitas Padjajaran (Peringkat Dunia 801-1000)
  8. Bina Nusantara University (Peringkat Dunia 1001-1200)
  9. Universitas Diponegoro (1001-1200)
  10. Universitas Telkom (1001-1200)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.