Jelajah Air Terjun Sungai Mudal dan Wahana Adventure

oleh -179 Dilihat
Jelajah Air Terjun Sungai Mudal dan Wahana Adventure
instagram.com/p/BOv9Gl7AHcO/?hl=id&tagged=airterjunsungaimudal

JOGJA POST – Nama air terjun Sungai Mudal kini dikenal sebagai Ekowisata Taman Sungai Mudal, merupakan sebuah komplek wisata alam baru di Kulon Progo. Selain air terjun, wisata ini menyimpan berbagai spot menarik seperti sungai, kolam, hutan tropis lengkap dengan fasilitas modern.

Sejarah Air Terjun Sungai Mudal

Air terjun Sungai Mudal adalah objek wisata yang dikenal dengan tempatnya yang nyaman dan terawat. Wisata ini dibangun atas inisiatif warga sekitar setelah mengadakan gerakan bersih-bersih di bantaran sungai pada tahun 2011. Tepat di sekitar air terjun juga terdapat kolam besar, flora, fauna dan pemandangan pegunungan. Hal inilah yang membuat warga memanfaatkan tempat ini sebagai potensi wisata.

Mitos Air Terjun Sungai Mudal

Dikisahkan bahwa dahulu air terjun Sungai Mudal memiliki mata air abadi yang debit airnya tidak pernah mengering meski memasuki kemarau. Panoramanya indah, ekowisata ini juga terjaga dengan baik, bersih dan segar. Karena menjadi potensi wisata yang dikelola baik oleh warga, air terjun ini jauh dari kesan seram, mistis dan kisah mitos. Sehingga kita akan kesulitan mencari tahu apakah terdapat mitos di air terjun Sungai Mudal.

Jam Buka Air Terjun Sungai Mudal

Wisata air terjun Sungai Mudal mulai di buka dapa puluk 08.00 – 17.00 waktu setempat. Di sekitar area terlihat pemandangan sejuk, hijau dan segar. Wisata edukasi ini dapat dinikmati pada musim hujan bahkan musim kemarau. Selain pemandangan air terjun, didekatkan mengalir juga sungai yang airnya tidak pernah kering.

Tiket Air Terjun Sungai Mudal

Wisata air terjun Sungai Mudal termasuk tempat rekreasi yang sudah dikelola dengan sangat baik. Pengelolanya bahkan terus meningkatkan fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Harga tiket masuk ke kawasan air terjun yaitu Rp. 5.000. Uang untuk parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Menggunakan wahana flying fox, sediakan uang Rp. 15.000, dan sewa pelampung Rp. 5.000.

Fasilitas Air Terjun Sungai Mudal

Ragam kegiatan seru yang bisa dilakukan selama berada di tempat wisata ini yaitu berenang, fotografi, camping, tracking, river tubing dan flying fox. Di sana sudah dilengkapi paket wisata lengkap dengan pemandangan sungai, kolam dan air terjun. Terdapat dua kolam pemandian di area Kedung Gedoya, wahana camping harga ekonomis, FiWi, gazebo untuk istirahat, jembatan,  fasilitas penunjang seperti mushola, warung, hingga kamar mandi.

Alamat Air Terjun Sungai Mudal

Lokasi keberadaan air terjun Sungai Mudal yaitu Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo,  Kulon Progo. Cara menuju ke sana bisa dimulai dari perempatan Tugu Jogja menuju arah barat hingga perempatan Demak Ijo. Lalui jalan Godean, lurus dan ikuti petunjuk jalan sampai melewati jembatan sungai Progo. Ambil jalan ke arah Goa Kiskendo sampai ke pertigaan hutan pinus, belok kiri menuju Kokap. Disana sudah ada papan informasi ke air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.