Cara Membuat Roti Gabin Goreng

oleh

Roti Gabin Goreng

Ada yang suka roti gabin? Sudah tahu belum kalau roti satu ini bisa kita kreasikan jadi banyak olahan makanan? Misalkan saja roti gabin goreng dengan isian yang bermacam-macam. Ide kreasi roti gabin goreng bisa jadi pilihan untuk temani waktu santai bersama teman atau keluarga, bisa juga jadi ide jualan lho! Mau tau bagaimana cara membuat roti gabin goreng? Simak yuk!

Tahukah Anda bagaimana mulanya roti gabin jadi begitu populer seperti sekarang ini? Anak-anak generasi 90-an, dapat dipastikan tidak ada yang tak kenal dengan roti renyah satu ini. Ternyata, pada mulanya roti ini khusus untuk penumpang kapal saja lho, dan tidak diperjualkan secara bebas kepada masyarakat.

Bisa kita katakan bahwa gabin jadi salah satu camilan istimewa pada masanya. Namun, seiring berjalannya waktu, gabin bukan hanya untuk penumpang kapal saja, dan sudah bisa kita dapatkan melalui kedai-kedai terdekat.

Popularitas roti gabin tentunya tak terlepas dari cita rasanya. Roti ini menyajikan cita rasa yang gurih dan renyah sehingga membuat kita ketagihan ketika memakannya. Konon, ada cerita yang menyebutkan bahwa roti ini khusus untuk penumpang yang mabuk laut.

Sehingga sering disebut dengan roti cabin atau kabin, hingga lama-kelamaan entah bagaimana berubah jadi roti gabin. Untuk saat ini, menemukan roti gabin bukan hal yang sulit. Bahkan roti ini hadir dalam bentuk yang tak biasa, misalkan saja sajian roti gabing goreng isi fla susu, roti gabin tape, roti gabing coklat, dan banyak lainnya.

Terkait sajian kreasi roti gabin, dalam ulasan ini kami ingin mengajak Anda untuk belajar bagaimana cara membuat roti gabin goreng dengan isian yang bermacam-macam. Ide kreasi ini pasti disukai oleh semua orang, bahan-bahannya murah, cara membuatnya juga mudah. Simak ya!

Cara Membuat Roti Gabin Goreng Kreasi Camilan Murah Meriah

Ada yang pernah membuat roti gabin goreng sebelumnya? Kalau belum, tak masalah. Sebab kita akan belajar bagaimana cara membuat roti gabin goreng yang lezat. Biasanya, kita menemukan roti gabing goreng dengan isian tape. Rasa gurih dari rotinya, berpadu dengan rasa tape membuat camilan ini selalu laris manis.

Namun ternyata, ide kreasi roti gabin tak cuma dengan tape lho. Jenis roti ini bisa kita kreasikan dengan isian telur, sayur-mayur, fla dengan berbagai rasa, bahkan bisa kita ubah menjadi podang gabin yang lembut. Menarik ya.

Mengetahui hal ini, wajar rasanya bila roti gabin begitu lekat dengan masyarakat. Bahkan, roti ini sudah populer sejak puluhan tahun lalu lho. Generasi 90 dan 80-an, tentu tahu bagaimana popularitasnya roti gabin pada zaman itu.

Karena ada macam-macam ide kreasi roti gabin, kali ini kita akan coba yang paling sederhana saja, yakni cara membuat roti gabin goreng isi fla susu. Selain roti gabin isi tape, gabin goreng fla susu juga tak kalah populer.

Selain rasanya yang enak, bahan-bahannya mudah untuk kita temukan, dan cara membuatnya juga tak kalah mudah dari menemukan bahan-bahannya. Daripada semakin penasaran, langsung saja yuk kita simak panduan membuat roti gabin goreng isi fla susu berikut ini!

1.      Pertama; Sapkan Bahan

Apa saja bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat roti gabin goreng isi fla susu? Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak. Masing-masing bisa kita dapatkan melalui warung, atau supermarket terdekat.

Pertama, kita butuh 1 bungkus roti gabin sebagai bahan utama. Anda boleh memakai roti gabin tawar atau manis, sesuai selera masing-masing. Selanjutnya kita butuh beberapa bahan untuk membuat isian fla susu. Bahan membuat fla susu adalah sebagai berikut :

  • 1 butir telur.
  • Vanili secukupnya.
  • Mentega atau margarin.
  • Gula pasir secukupnya.
  • SKM atau susu kental manis secukupnya.
  • Tepung maizena.
  • Tepung terigu secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Dan minyak goreng untuk menggoreng roti gabin.

Ini adalah bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat isian fla susu. Sebenarnya, takaran yang dipakai bisa saja berbeda nantinya, sesuaikan dengan kebutuhan saja ya. Sekarang, mari kita simak bagaimana cara membuat roti gabin goreng isi fla susu.

2.      Kedua; Tahap Pembuatan

Setelah semua bahan-bahan tadi siap, selanjutnya kita bisa memulai tahapan membuat roti gabin goreng isi fla susu. Pertama, kita akan membuat isian fla susunya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini ya.

  1. Pertama, masukkan tepung terigu, maizena dan juga gula pasir ke dalam mangkuk. Untuk takaran tepungnya, kita memakai 13 sendok makan tepung terigu, dan 2 sendok makan maizena. Gulanya kira-kira 2 sendok makan saja. Namun, bila Anda suka manis boleh menggunakan 3 atau empat sendok makan.
  2. Aduk rata tepung dan gula tadi, lalu tambahkan air secukupnya, dan aduk rata lagi. Pastikan jangan ada tepung yang menggumpal ya.
  3. Tambahkan satu butir telur, vanili secukupnya untuk membuang rasa amis sekaligus menambahkan aroma, dan tambahkan susu kental manis, dan aduk rata.
  4. Setelah bahan-bahan tadi tercampur rata, kita perlu menyaringnya untuk memastikan tidak ada tepung yang menggumpal. Setelahnya, masukkan adonan yang sudah disaring ke dalam panci.
  5. Panaskan panci dengan api sedang. Masak adonan sampai dengan mengental, jangan lupa tambahkan margarin ya.
  6. Apabila adonan fla susu sudah mulai kalis, Anda bisa mematikan kompor. Dinginkan fla sejenak sambil mempersiapkan roti gabin yang akan kita pakai.
  7. Ambil satu roti gabin, isi dengan fla susu yang sudah kita buat tadi. Banyaknya isian bisa Anda atur sesuai dengan selera masing-masing. Rapikan pinggirnya, lalu timpa dengan roti gabin lagi sehingga tampak seperti sandwich. Lakukan cara ini sampai jumlah gabin sesuai kebutuhan, atau sampai fla susunya habis.
  8. Setelah semua gabin selesai kita isi dengan fla susu, sekarang mari diamkan gabin tadi selama lebih kurang satu jam dalam kulkas.
  9. Setelah satu jam, keluarkan gabin dari kulkas dan panaskan minyak dalam wajan. Bila minyak sudah panas, goreng gabin dengan api sedang. Menggoreng tak perlu lama, kira-kira 1 atau 2 menit saja.
  10. Angkat gabin, lalu tiriskan.

3.      Selesai

Terlihat mudah bukan? Selain fla susu, Anda bisa membuat isian lain. Seperti fla pandan, telur dan sayur, keju, roti gabin lapis coklat dan banyak kreasi lainnya. Selain isian beragam, sajian roti gabin goreng ini juga bisa kita tambahkan berbagai toping. Bukan hanya rasanya yang makin lezat, penambahan toping juga membuat tampilannya lebih indah dan menggugah selera.

Itulah tadi cara membuat roti goreng dengan mudah. Ini bisa jadi alternatif membuat camilan rumahan yang gampang. Daripada membeli jajanan keluar, lebih baik kita membuatnya sendiri. Bahannya mudah didapat, caranya sederhana dan tentunya rasanya lezat. Siapa saja pasti jatuh cinta!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.