Wisata Alam Air Terjun Grojogan Sewu Versi Kulon Progo

oleh
Wisata Alam Air Terjun Grojogan Sewu Versi Kulon Progo
instagram.com/p/BQzuVs8lrVT/?hl=en&taken-by=grojogansewu_kp

JOGJA POST – Di Kulon Progo Yogyakarta, ada sebuah tempat wisata menarik yang masih alami. Wisata tersebut dikenal dengan nama air terjun Grojokan Sewu atau Curug Grojokan Sewu. Tunggu dulu, jangan salah sebut nama ya. Nama air terjun ini memang mirip dengan air terjun Grojokan Sewu yang ada di Tawangmangu, Jawa Tengah. Bedanya air terjun ini tidak setinggi air terjun di Tawangmangu.

Sejarah Air Terjun Grojokan Sewu

Mendengar namanya, masyarakat yang tinggal di Yogyakarta sudah tak asing lagi. Dijuluki nama Grojokan Sewu karena air terjun ini memiliki banyak jeram. Mata air yang jatuh dari tebing akan mengalir deras dan melewati jeram berbatu hingga akhirnya sampai ke kolam alami di bawahnya. Keunikan air terjun adalah airnya tidak pernah keruh walaupun musim kemarau tiba.

Mitos Air Terjun Grojokan Sewu

Dibalik keindahannya, air terjun Grojokan Sewu Kulon Progo jauh dari kesan seram dan mistis. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah lebih baiknya pengunjung harus menaati peraturan ketika berkunjung di tempat baru. Misalnya jangan melakukan hal-hal negatif, jangan buang sampah sembarangan dan tetap menjaga tingkah laku dan tutur kata.

Jam Buka Air Terjun Grojokan Sewu

Air terjun Grojokan Sewu baru dikelola dengan baik oleh warga setempat. Setiap tempat wisata umumnya memiliki jam buka dan tutup yang berbeda. Begitu juga dengan wisata air terjun Grojokan Sewu yang bisa dikunjungi dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Di waktu tersebut suasana air dan pemandangan sangat baik untuk mendapatkan foto yang indah.

Tiket Air Terjun Grojokan Sewu

Memasuki kawasan air terjun Anda bisa meletakkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan oleh warga. Harga parkir sangat terjangkau yaitu Rp. 2000 untuk satu kendaraan. Sementara tiket masuk di hari biasa dan akhir pekan adalah Rp. 6000.

Fasilitas Air Terjun Grojokan Sewu

Kondisi jalan pada saat memasuki Desa Benteng lumayan baik. Jalanan sudah beraspal dan dekat dengan rumah-rumah penduduk. Semakin ke dalam menuju Goa Kiskendo, Anda akan dihadapkan oleh jalan setapak sedikit berlumpur. Di sana sudah tersedia fasilitas penunjuk jalan, tempat parkir, ruang ganti dan tempat untuk beristirahat.

Alamat Air Terjun Grojokan Sewu

Grojokan Sewu merupakan air terjun yang berada di propinsi Yogyakarta. Berlokasi di Bateng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Rute jalan ke lokasi wisata dapat dimulai dari kota Jogja dengan melewati Jl. Godean lalu pasar Godean hingga sampai ke Gedongan. Menyusuri sungai Progo, melewati Kenteng dan lakukan perjalanan sepanjang Jl. Goa Kiskendo. Dari plang penunjuk arah Anda harus berjalan sepanjang 700 meter lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *